nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wiranto Didampingi Kapolri & Panglima TNI Sambangi Manokwari

Kamis 22 Agustus 2019 10:59 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 22 340 2095147 wiranto-didampingi-kapolri-panglima-tni-sambangi-manokwari-QlcwwtHpfr.JPG Menko Polhukam, Wiranto (Foto: Okezone)

MANOKWARI - Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Wiranto didampingi Kapolri Jenderal Tito Karnavian bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto hari ini dijadwalkan menyambangi Manokwari, Papua Barat. Tujuan mereka untuk memantau situasi keamanan pasca-kerusuhan yang terjadi pada Senin 19 Agustus 2019 lalu.

"Benar beliau dijadwalkan tiba siang ini pukul 12.00 WIT. Saat ini sudah dalam perjalanan," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Papua, Barat, AKBP Mathias Krey, dikutip dari laman Antaranews, Kamis (22/8/2019).

Setelah tiba di Manokwari, Kapolri, Panglima dan Menkopolhukam akan melakukan peninjauan secara umum kondisi kota Manokwari. Selanjutnya akan menggelar jumpa pers bersama para awak media di daerah tersebut.

"Jadwal pastinya nanti kami liat dulu. Yang pasti beliau ke sini untuk memantau situasi di Manokwari pascarusuh Senin lalu. Dengan demikian akan diketahui apa yang harus dilakukan masing-masing pihak," tuturnya.

Kerusuhan yang terjadi tiga hari lalu itu merembet ke beberapa daerah di Papua Barat, diantaranya Kota Sorong dan Kabupaten Fakfak. Saat ini, Kapolda, Pangdam XVII/Kasuari serta Gubernur Papua Barat sedang berada di Sorong untuk melakukan rekonsiliasi.

Panglima TNI dan Kapolri

Dari Sorong, rombongan gubernur akan bergeser ke Fakfak untuk melakukan hal yang sama. Upaya rekonsiliasi yang ditempuh Pemprov bersama Polda dan Kodam dilakukan dengan berkoordinasi dengan seluruh tokoh dan pemangku kepentingan di daerah masing. Di Manokwari pertemuan dengan tokoh adat, agama serta aktivis sudah dilakukan pada Rabu 21 Agustus 2019, menyusul Sorong dan Fakfak.

"Secara situasi Manokwari, Sorong dan Fakfak sudah cukup kondusif. Aktivitas masyarakat dan pemerintahan sudah mulai lancar," lanjut Krey.

Aparat TNI dan Polri masih bersiaga untuk memastikan bahwa seluruh daerah di Papua Barat aman. (put)

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini