nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Brasil Akhirnya Terima Bantuan Dana Asing untuk Padamkan Kebakaran Hutan Amazon

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Rabu 28 Agustus 2019 09:58 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 28 18 2097534 brasil-akhirnya-terima-bantuan-dana-asing-untuk-padamkan-kebarakan-hutan-amazon-96eGS9aZbG.jpg Dampak kebakaran hutan Amazon. (Foto/Reuters)

BRASILIA – Setelah sempat menolak bantuan dana dari pihak luar untuk memadamkan kebakaran hutan Amazon, Brasil memastikan bahwa pihaknya siap menerima bantuan dari sejumlah pihak.

Juru bicara kepresidenan Brasil Rego Barros mengatakan pada Selasa (27/8) bahwa gubernur negara bagian Amazon telah menemui Presiden Jair Bolsonaro dan mengatakan bahwa dana bantuan bisa membantu untuk memadamkan kebakaran hutan Amazon yang semakin meluas.

“Pemerintah Brasil, melalui presidennya, terbuka untuk menerima dana bantuan dari organisasi dan negara asing. Uang ini, ketika memasuki negara, akan dimiliki oleh rakyat Brasil,” kata Barros mengutip Reuters, Rabu (28/8/2019).

Foto/Reuters

Secara terpisah, seorang diplomat Inggris di Brasilia, Ibu Kota Brasil mengatakan kepada Reuters bahwa pemerintah Brasil juga menerima 10 juta poundsterling (Rp175 miliar) dari Inggris untuk memerangi kebakaran hutan Amazon.

Baca juga: Brasil Larang Diplomatnya Ambil Liburan Gara-Gara Kebakaran Hutan Amazon

Baca juga: Kota Terbesar Brasil Gelap Gulita Tertutup Asap Kebakaran Hutan Amazon

Namun biro media kepresidenan Brasil tidak merespons untuk mengomentari informasi tersebut.

Foto/Reuters

Sebelumnya, Bolsonaro menolak untuk menerima dana bantuan sebesar USD20 juta (Rp285 miliar) dari negara G7 (Kanada, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Britania Raya, dan Amerika Serikat).

Penolakan Brasil akibat masalah Bolsonaro dengan Presiden Prancis Emmnuel Macron yang terlibat dalam perang kata-kata, bahkan menyinggung masalah pribadi.

Foto/Reuters

Bolsonaro mengejek istri Macron dan menuduh pemimpin Prancis tidak menghormati kedaulatan Brasil. Macron menyebut Bolsonaro pembohong dan mengatakan wanita Brasil mungkin malu punya presiden sepertinya.

Data dari Badan Penelitian Luar Angkasa Brasil (INPE), sebaran titik api di hutan Amazon meroket 80 persen pada tahun ini dibandingkan dengan periode yang sama pada 2018.

Sekitar 2.500 tentara dan 15 pesawat, termasuk dua C-130 Hercules, telah dikerahkan untuk memadamkan kebakaran.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini