8 Kader Belum Serahkan LKHPN, Demokrat: Mungkin Mereka Kurang Paham

Muhamad Rizky, Jurnalis · Senin 02 September 2019 06:17 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 02 606 2099394 8-kader-belum-serahkan-lkhpn-demokrat-mungkin-mereka-kurang-paham-MBXiL0QSCP.jpg Ilustrasi

JAKARTA - Anggota DPR RI terpilih periode 2019-2024 dari Partai Demokrat tercatat masih ada 8 orang dari 54 anggota yang belum menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Kepala Divisi Advokasi Partai Demokrat Ferdinan Hutahaean mengungkapkan bahwa sejak awal pihaknya selalu mengingatkan para anggotanya untuk segera menyerahkan LHKPN kepada KPU. Terlebih konsekuensi tidak menyerahkan LHKPN itu bisa dilakukan diskualifikasi.

"Maka kami dari partai selalu mengingatkan kader agar segera menyerahkan LHKPN," kata Ferdinan kepada Okezone, Senin (2/9/2019).

Baca Juga: KPK Singgung Syarat Pelantikan Bagi Anggota DPR yang Belum Setor LHKPN

Ferdinan meyakini, bahwa tidak ada unsur kesengajaan dari para anggotanya yang terpilih untuk tidak menyerahkan LHKPN. Hanya menurutnya banyak yang menyepelekan dan lalai untuk segera menyerahkan persyaratan tersebut.

"Atau mungkin kurang paham untuk mengisi maupun menyerahkan LHKPN terutama kader kami yang dari daerah. Banyak yang terpilih kader lokal daerah jadi sangat mungkin mereka kurang paham, bukan karena niat sengaja tidak menyerahkan," paparnya.

Ferdinan Hutahaean

Ferdinan menegaskan pihaknya akan segera kembali mendorong kadernya yang belum memenuhi persyaratan tersebut. Ia menjamin sebelum pelantikan anggota partainya sudah memenuhi semua persyaratan.

"Kami akan mendorong dan segera memerintahkan kader kami yang belum menyerahkan LHKPN agar segera menyerahkan. Tidak ada tawar menawar soal inj karena Demokrat ingin negara ini bersih. Kami pastikan sebelum dilantik sudah beres," tukasnya.

(kha)

Berita Terkait

Pemilihan Legislatif

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini