nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penyelundupan Heroin Bernilai Rp2 Triliun Berhasil Digagalkan Inggris

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Rabu 04 September 2019 13:41 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 04 18 2100526 penyelundupan-heroin-bernilai-rp2-triliun-berhasil-digagalkan-inggris-S4hB4TeZmQ.jpg Heroin yang ditemukan di Inggris. (Foto/NCA/BBC)

LONDON – Inggris menggagalkan penyelundukan heroin seberat 1,3 ton dengan nilai mencapai 120 juta Poundsterling (Rp2 triliun) yang dianggap sebagai penyitaan narkoba terbesar di negara tersebut.

Obat-obatan itu disembunyikan di handuk dan jubah mandi di kapal kontainer setelah merapat di Suffolk.

Petugas Badan Kejahatan Nasional Inggris (NCA) mengeluarkan obat-obatan dan mengembalikan wadah sebelum melacaknya ke Belanda dan melakukan penangkapan.

Pengungkapan bermula pada 2 Agustus saat petugas menyita sekitar 400 kg heroin di dermaga Felixstowe.

Setelah membawa obat-obatan keluar pada 30 Agustus, petugas meletakkan kembali ke kontainer kapal, yang berlabuh dua hari kemudian di Antwerpen, Belgia.

Wadah itu kemudian dibawa dengan truk ke sebuah gudang di kota pelabuhan Rotterdam, Belanda, di mana petugas menangkap empat orang dalam proses menurunkannya.

Mengutip BBC, Rabu (4/9/2019) obat-obatan itu berasal dari Pakistan.

Wakil direktur investigasi NCA, Matt Horne, menyebut penyitaan heroin itu sebagai salah satu yang terbesar di Inggris dan Eropa.

"Ukuran ini dan pengiriman baru lainnya menunjukkan skala ancaman yang kita hadapi,” kata dia.

"Kita yakin sebagian dari obat-obatan ini akan dijual di Inggris, dan bisa memicu tingkat kekerasan dan eksploitasi yang tinggi,” lanjut dia.

Horne menambahkan bahwa perdagangan heroin bisa mempertaruhkan nyawa pengguna, serta menyebabkan kejahatan.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini