nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pengadilan AS Legalkan Perempuan Tampil Topless di Enam Negara Bagian

Rahman Asmardika, Jurnalis · Jum'at 20 September 2019 15:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 20 18 2107276 pengadilan-as-legalkan-perempuan-tampil-topless-di-enam-negara-bagian-raiCXSTutV.jpg Foto: AP.

FORT COLLINS - Sebuah kota di Negara Bagian Colorado memutuskan untuk mengakhiri pertarungan hukum dan tidak naik banding atas putusan pengadilan federal Amerika Serikat (AS) yang menyatakan larangan bertelanjang dada di muka umum sebagai diskriminasi yang melanggar undang-undang.

Kota Fort Collins telah menghabiskan USD300.000 (sekira Rp4,2 miliar) untuk mempertahankan undang-undangnya yang melarang bertelanjang dada dan memperlihatkan payudara di depan umum bagi wanita dan anak perempuan di atas usia 10 tahun.

BACA JUGA: Finalis Miss Prancis 2018 Terciduk Topless saat Siaran Langsung

“Dewan kota menyimpulkan bahwa uang itu lebih baik dihabiskan untuk prioritas kota lain", kata Juru Bicara Pemerintah Fort Collins, Tyler Marr sebagaimana dilansir Sputnik, Jumat (20/9/2019).

Pejabat lokal sebelumnya mengklaim bahwa putusan pengadilan federal itu berarti bahwa perempuan dapat "berparade di depan sekolah dasar atau berenang tanpa busana di kolam renang umum". Namun, Pengadilan Banding Sirkuit ke-10 sebelumnya menguatkan putusan hakim federal yang menganggap larangan tersebut diskriminatif.

BACA JUGA: Kelewat Semangat, Penyiar Cuaca Enggak Sadar Pamer Payudara

Dengan putusan tersebut, perempuan di AS sekarang dapat dengan bebas memperlihatkan payudara mereka dan bepergian topless di depan umum di enam negara bagian yang menjadi cakupan pengadilan Sirkuit ke-10, yaitu: Wyoming, Utah, Colorado, Kansas, New Mexico, dan Oklahoma.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini