nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Terjangan Puting Beliung Rusak 28 Rumah Warga Deliserdang

Jum'at 20 September 2019 14:52 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 20 608 2107283 terjangan-puting-beliung-rusak-28-rumah-warga-deliserdang-mB7zg6Ledu.jpg Rumah warga rusak diterjang puting beliung (Foto: Okezone)

DELISERDANG – Sebanyak 28 rumah warga di Jalan Setia, Dusun 4, Desa Sunggal Kanan, Kecamatan Medan Sunggal, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara (Sumut), rusak akibat terjangan angin puting beliung. Beruntung tidak ada korban jiwa akibat peristiwa ini.

Dikutip dari laman iNews.id, Jumat (20/9/2019), lima rumah warga dilaporkan rusak berat lantaran atapnya beterbangan. Selain itu, sebagian dinding rumah yang terbuat dari kayu dan batu bata juga rusak karena hantaman angin ribut.

Salah seorang warga, Ningsih mengungkapkan, rumahnya menjadi salah satu yang mengalami rusak berat. Sebelum rumahnya disapu puting beliung, hujan deras turun disertai dengan angin kencang. Namun, tidak ada tanda-tanda akan muncul puting beliung.

“Saat angin kencang terasa pertama kali, kondisi rumah kami masih baik-baik saja. Tapi, enggak berapa lama kemudian, datang lagi angin yang sangat kencang hingga atap rumah kami dan kayu penyangganya ikut terbang,” ujar Ningsih.

Menurutnya, terjangan puting beliung yang merusak rumah warga rusak bukan baru kali ini terjadi di desa mereka. Tercatat, pada Agustus lalu, musibah ini juga pernah terjadi. “Kalau yang kemarin, atap rumah bagian belakang yang rusak,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Deliserdang, Zaenal Hutagalung berujar, saat ini pihaknya sedang mendata jumlah rumah warga yang rusak akibat puting beliung. Menurut hasil pendataan awal, ia membenarkan ada 28 rumah warga rusak.

 “Dari jumlah rumah warga yang rusak itu, 23 di antaranya rusak ringan dan lima rumah lainnya mengalami rusak berat,” ucap Zaenal.

Warga yang terdampak musibah terpaksa mengungsi ke rumah tetangga maupun sanak saudara yang tidak jauh dari rumah mereka. Bantuan kepada para korban juga telah disalurkan.

“Kami sudah menyalurkan bantuan berupa makananan kepada para korban. Khusus untuk bantuan material perbaikan rumah, kami tengah berkoordinasi dengan pihak terkait,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini