nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Canda Putin Rusia Ikut Campur Pemilu AS: Ya, Jangan Beri Tahu Siapa pun

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Kamis 03 Oktober 2019 16:38 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 03 18 2112477 canda-putin-rusia-ikut-campur-pemilu-as-ya-jangan-beri-tahu-siapa-pun-SXXzuTzhdv.jpg Presiden Rusia Vladimir Putin. (Foto/Reuters)

MOSKOW – Presiden Vladimir Putin bercanda bahwa Rusia akan mencampuri pemilihan umum Amerika Serikat (AS) yang akan berlangsung pada 2020.

"Aku akan memberitahumu sebuah rahasia. Ya, tentu, kami pasti akan melakukannya. Hanya saja, jangan memberi tahu siapa pun," kata dia dalam forum diskusi Energi Rusia mengutip Daily Mail, Kamis (3/10/2019).

Dalam laporan Mueller yang dipublikasikan awal tahun ini, menuduh Rusia telah ikut campur dalam kampanye pemilu AS 2016.

Presiden Putin selanjutnya menepis laporan itu karena kurang bukti.

Baca juga: Bela Putin, Trump Heran Rusia Dituduh Intervensi Pilpres AS

Baca juga: Trump Bercanda ke Putin: Jangan Ikut Campur Pilpres AS

"Dia tidak menemukan bukti bahwa kita berkolusi dengan [Donald] Trump di masa lalu, tetapi mengatakan ada risiko yang mungkin kita lakukan di masa depan," kata Putin.

Foto/Reuters

Ia juga menepis kekhawatiran tentang percakapan Trump dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

Dalam percakapan itu, Partai Demokrat—partai opisisi—pemerintahan Trump menuding miliader tersebut telah meminta bantuan kepada Zelensky untuk menyelidiki dugaan korupsi, Hunter Biden, putra Joe Biden saingan Trump dalam pemilihan AS 2020.

Putin mengatakan tidak ada yang salah dengan Trump meminta penyelidikan potensi korupsi tersebut.

"Presiden Trump meminta ke seorang kolega dengan permintaan untuk menyelidiki kemungkinan korupsi terkait dengan anggota pemerintahan sebelumnya," kata dia.

Biden adalah wakil presiden AS semasa era Barack Obama.

Trump melobi Zelenzky untuk menyelidiki Hunter demi keuntungan politik. Jika tidak disetujui, Demokrat menuding Trump akan menahan dana bantuan militer untuk Ukraina.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini