nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gajah Liar di Jambi Lukai Warga, Proses Evakuasi Berlangsung Menegangkan

Azhari Sultan, Jurnalis · Kamis 03 Oktober 2019 22:32 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 03 340 2112549 gajah-liar-di-jambi-lukai-warga-proses-evakuasi-berlangsung-menegangkan-EwuabM1RQF.jpg Gajh Liar di Jambi (Foto: Ist)

JAMBI - Warga Desa Sengkati Baru, Kecamatan Mersam, Kabupaten Batanghari, Jambi beberapa waktu lalu sempat dibuat resah.

Betapa tidak, ada tiga ekor Gajah Sumatera jantan (Elephas maximus sumatrae) berkeliaran. Tidak hanya membuat rusak perkebunan warga, tapi juga sempat melukai seorang warga.

Mengetahui adanya informasi tersebut, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jambi melakukan penyelamatan terhadap 3 ekor gajah sumatera jantan tersebut.

Kepala Balai KSDA Jambi Rahmad Saleh saat dihubungi, mengakui adanya penyelamatan ketiga gajah tersebut. Menurutnya, tiga ekor gajah jantan muda itu sejak bulan Mei hingga September dalam masa dispersal keluar dari habitatnya.

"Ketiganya keluar mulai dari Kecamatan Tebo Ilir, Kecamatan Maro Sebo Ulu, dan selama kurang lebih tiga bulan terakhir sudah berada di Kecamatan Mersam, Kabupaten Batanghari," ujar Rahmad, Kamis (3/10/2019).

Evakuasi Gajah Liar

Dia menambahkan, baru tanggal 24 sampai dengan 29 September petugas gabungan dapat melakukan operasi penyelamatan terhadap 3 ekor gajah tersebut yang dipimpin oleh Balai KSDA Jambi bersama dengan Dinas Kehutanan Provinsi Jambi, Balai Besar KSDA Riau dan instansi terkait lainya.

Diakuinya, untuk mengevakuasi ketiga gajah dengan berat rata-rata kurang dari 3 ton tersebut tidak lah mudah. "Operasi penyelamatannya saja didukung oleh 3 ekor gajah pengendali dan 7 orang mahot dari Balai Besar KSDA Riau," tutur Rahmad.

Mulanya, Jumat, 27 September lalu tim melakukan tracking terhadap tiga ekor gajah jantan tersebut. Usai mengetahui posisi gajah yang berada di kawasan Desa Sengkati Baru, Kecamatan Mersam, besoknya tim melacaknya.

Akhirnya, dengan melakukan pembiusan pada 3 ekor gajah jantan tersebut, petugas berhasil mengevakuasi ketiganya. Petugas harus menggunakan gajah jinak sampai ke titik truk angkut dengan cara ditarik dari lahan masyarakat.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini