Hutan Konservasi Gunung Arjuno Kembali Terbakar

Avirista Midaada, Okezone · Selasa 08 Oktober 2019 14:26 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 08 519 2114277 hutan-konservasi-gunung-arjuno-kembali-terbakar-nQ4hRH0TyY.jpg Kebakaran Gunung Arjuno (Foto: Ist)

PASURUAN - Kebakaran lahan kembali melanda Gunung Arjuno yang masuk wilayah hutan konservasi Taman Hutan Raya (Tahura) R. Soerjo, kali ini api berada di sisi timur pada Blok Sidomulyo, Prigen, Kabupaten Pasuruan.

Kepala UPT Tahura R. Soerjo Ahmad Wahyudi membenarkan informasi kebakaran lahan Gunung Arjuno di lereng Prigen Pasuruan ini.

"Memang benar lokasinya, berada di ketinggian 1.600 meter. Yang terbakar lahan ditumbuhi pohon cemara dan semak sejak Senin sore kemarin infonya," ungkap Wahyudi saat dikonfirmasi, Selasa siang (8/10/2019).

Gunung Arjuno

Namun luasan area yang terbakar pihaknya belum dapat menghitung lantaran masih fokus pada pemadaman titik api yang ada. "Luasnya belum tahu. Penyebabnya apa juga masih diselidiki, saat ini kami fokus pemadaman dulu," lanjutnya.

Menurutnya, lokasi yang berada di tebing curam membuat petugas sedikit kesulitan dalam melakukan pemadaman api. Guna memadamkan api petugas harus menuruni tebing curam dengan bergandengan tangan sambil memadamkan api dengan cara manual dengan cara gebyok.

Baca Juga: 15 Hektare Lahan di Gunung Arjuno Terbakar

"Lokasinya memang berada di tebing curam. Ini yang membuat petugas di lapangan sedikit kesulitan. Tapi siang ini dari informasi di lapangan sudah padam," katanya.

Sebelumnya di kawasan Tahura R. Soerjo sisi timur yang menjadi akses pendakian Gunung Arjuno pada pekan lalu juga terbakar. Titik api bahkan menyebar di gunung kembar satu dan dua, beruntung seluruhnya bisa padam.

Tercatat sudah empat kali kebakaran melanda kawasan Tahura dalam seminggu terakhir ini, kebakaran dimulai dari Gunung Kembar yang masuk Kota Batu, disusul Blok Kokopan masuk wilayah Pasuruan, Blok Plorotan masuk wilayah Mojokerto, hingga terakhir di Blok Sidomulyo, Kelurahan Ledug, Prigen, Kabupaten Pasuruan.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini