nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

15 Hektare Lahan di Gunung Arjuno Terbakar

Avirista Midaada, Jurnalis · Senin 19 Agustus 2019 10:36 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 19 519 2093689 15-hektare-lahan-di-gunung-arjuno-terbakar-1CznM1SdLe.jpeg Kebakaran lahan terjadi di Gunung Arjuno (Foto: Ist)

PASURUAN - Kebakaran lahan kembali terjadi di Gunung Arjuno pada kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) R. Soerjo. Api membakar semak belukar di Blok Sawahan, Desa Jatiarjo, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan.

Kepala UPT Tahura R. Soerjo Ahmad Wahyudi menyatakan api pertama kali tampak pada Minggu sore sekitar kemarin pukul 15.30 WIB oleh warga sekitar. Kemudian, oleh warga dilaporkan kepada petugas Tahura dan dilakukan penanganan pemadaman langsung sejak Minggu sore.

"Memang ada laporan kebakaran, petugas kami langsung diupayakan pemadaman. Ada 12 petugas dan 3 warga setempat yang naik ke titik api," ungkap Wahyudi, pada Senin (19/8/2019) pagi.

Baca Juga: Kualitas Udara Memburuk karena Karhutla, Wali Kota Jambi Liburkan Sekolah 

Gunung Arjuno

Wahyudi menambahkan, api sudah berhasil dipadamkan pada Senin dini hari sekira pukul 03.00 WIB. Meski demikian, ia belum dapat memastikan penyebab kebakaran sekitar 15 hektare lahan semak belukar di hutan tersebut.

"Api berada di ketinggian 1.500 - 1.700 mdpl didominasi semak belukar dan alang - alang, jarang ada pohon di lokasi tersebut, hanya satu dua pohon cemara yang terbakar. Penyebabnya masih belum pasti dugaannya karena kemarau panjang. Tapi tadi pagi jam 03:00 WIB sudah berhasil dipadamkan," ujarnya.

Kawasan Gunung Arjuno dan Gunung Welirang yang berada di dalam Tahura R. Soerjo memang cukup rentang mengalami kebakaran lahan. Musim kemarau panjang yang menyebabkan tanah kering diduga menjadi penyebab utamanya.

Baca Juga: Satgas Karhutla Sumsel Doa Bersama Minta Turun Hujan 

Bahkan, di akhir Juli lalu, kebakaran lahan di Gunung Arjuno sisi barat membuat petugas terpaksa menetapkan status tanggap darurat bencana kebakaran dan mengerahkan helikopter BNPB untuk upaya water bombing atau pemadaman api melalui udara.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini