nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lewat Aplikasi, Kini Warga Kulon Progo Bisa Lapor Polisi Jika Keadaan Darurat

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Rabu 09 Oktober 2019 13:10 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 09 510 2114702 lewat-aplikasi-kini-warga-kulon-progo-bisa-lapor-polisi-jika-keadaan-darurat-58B7Hy546M.jpg Polres Kulon Progo luncurkan aplikasi Alarm Warga (Alwa) untuk mudahkan warga melapor ke polisi, Rabu (9/10/2019). (Foto : Okezone.com/Puteranegara Batubara)

JAKARTA – Polres Kulon Progo, Yogyakarta, meluncurkan aplikasi berbasis online untuk masyarakat melakukan pelaporan apabila dalam situasi dan keadaan darurat. Program yang memanfaatkan teknologi itu diberi nama Alarm Warga (Alwa).

Kapolres Kulon Progo, AKBP Anggara Nasution mengatakan, aplikasi ini menjadi inovasi dari Polres Kulon Progo untuk memudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan yang cepat. Menu-menu yang ada dalam aplikasi Alwa menunjang masyarakat untuk mendapatkan layanan dari kepolisian.

"Aplikasi ini ringan. Ketika dipencet dua kali maka alarm Command Center yang ada di Polres Kulon Progo akan menyala. Ketika itu, anggota langsung merespons dengan mendatangi lokasi," kata AKBP Anggara di Mapolres Kulon Progo, Rabu (9/10/2019).

Kapolres Kulon Progo, AKBP Anggara Nasution menunjukkan aplikasi Alarm Warga (Alwa). (ist)

Di dalam aplikasi itu ada lima menu yang bisa dimanfaatkan masyarakat. Kelimanya ialah menu lapor, menu panic button, menu call center, menu info, dan menu silent alarm.

Aplikasi ini diluncurkan pada 29 Agustus 2019. Sejauh ini sekira 2000 warga Kulon Progo sudah men-download aplikasi berbasis online ini.

Polres Kulon Progo luncurkan aplikasi Alarm Warga (Alwa) untuk mudahkan warga melapor ke polisi. (Foto : Okezone.com/Puteranegara Batubara)

Anggara menambahkan, warga Kulon Progo yang ingin menggunakan aplikasi Alwa harus melalui verifikasi terlebih dahulu. Warga diminta untuk verifikasi dengan foto selfie dan KTP.

"Ini dilakukan agar tidak ada penipuan dan juga orang-orang yang iseng," ujarnya.


Baca Juga : Kapolri: Dirgahayu TNI, Profesional dan Kebanggaan Rakyat

Aplikasi ini juga sudah terkoneksi dengan GPS. Anggara mencontohkan jika ada masyarakat yang membutuhkan pelayanan cepat dalam kondisi darurat, lokasi masyarakat sudah langsung terdeteksi oleh Command Center.

"Jadi itu sudah terkoneksi tanpa harus share lokasi. Petugas akan langsung datang ke lokasi tersebut," tuturnya.


Baca Juga : Kapolres Kendari AKBP Jeni Junaidi Dicopot

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini