nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bea Cukai dan Karantina Gagalkan Pembawa Organisme Perusak Tumbuhan

Kamis 17 Oktober 2019 17:53 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 17 1 2118290 bea-cukai-dan-karantina-gagalkan-pembawa-organisme-perusak-tumbuhan-0fOJxWkHia.jpg Foto: Dok. Bea Cukai

SORONG – Sinergi Bea Cukai dengan Karantina Pertanian Kelas I Sorong berhasil gagalkan pemasukan organisme pengganggu tumbuhan (OPT) dan organisme pengganggu tumbuhan karantina (OPTK) yang importasinya tidak dilengkapi sertifikat kesehatan dari negara asal. Untuk memastikan tidak disalahgunakan, Kantor Karantina Kelas I Sorong melakukan pemusnahan atas barang tersebut pada Rabu 09 Oktober 2019.

Kepala Kantor Pangkalan Sarana Operasi Bea Cukai Sorong, Kholis Kamaludin, mengungkapkan bahwa dalam kesempatan tersebut media pembawa yang dimusnahkan terdiri dari dari teh kering, benih bunga matahari dan tulip, benih buah dan sayur dan buah kurma mudan dan kurma kering.

β€œMedia Pembawa OPTK tersebut merupakan barang yang melalui kiriman paket pos dari luar negeri dan merupakan hasil penahanan yang dilakukan oleh petugas karantina dan hasil kerja sama dengan Kantor Pos dan Bea Cukai," ungkapnya.

Dia mengatakan, ada sanksi yang akan diberikan kepada para pelanggar sesuai dengan tatanan yang berlaku.

"Pemusnahan terhadap media pembawa yang melanggar aturan dilakukan dengan cara dibakar,” tuturnya.

Selain sebagai wujud sinergi antar satuan kerja di Kota Sorong, Kepala Kantor Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Sorong, I Wayan Kertanegara menghimbau kepada masyarakat agar tiap komoditi yang masuk dari luar negeri melalui kantor pos atau pengiriman paket pos lainnya agar disertai PC dari negara asal. Hal ini dibenarkan oleh Bea Cukai dan akan terus mendukung untuk mengamankan barang-barang illegal atau melanggar peraturan. (ADV) (Wil)

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini