nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kementan Gelar Jambore Petani Milenial di Cianjur, Diikuti 1.500 Peserta

Putra Ramadhani Astyawan, Jurnalis · Jum'at 18 Oktober 2019 11:34 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 18 1 2118545 kementan-gelar-jambore-petani-milenial-di-cianjur-diikuti-1-500-peserta-e0Jfx8oOF2.jpg Gelaran Jambore Petani Milenial di Cianjur oleh Kementan (Foto: Putra Ramadhani/Okezone)

BOGOR - Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) menggelar Jambore Petani Milenial Pengusaha di Kebun Raya Cibodas, Cianjur, Jawa Barat.

Kepala BPPSDMP Dedi Nusyamsi mengatakan, kegiatan bertemakan 'Membangun SDM Pertanian Berdaya Saing menuju Pertanian Modern' itu dihadiri 1.500 petani milenial dan penyuluh se-Indonesia.

"Kalau totalnya ada 1.500 peserta. Acara ini bukan hanya dihadiri petani dan penyuluh, tapi ada swadaya dan ada penyulu pengusaha, penyuluh ASN dan P4S dari binaan Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan," kata Dedi, Jumat (18/10/2019).

Secara garis besar, jambore ini bertujuan meningkatkan kompetensi wirausahawan, meningkatkan jejaring kerjasama dan kemitraan, meningkatkan pemahaman penggunaan teknologi pertanian modern serta memberikan apresiasi kepada pelaku pendamping pertanian berprestasi.

"Nanti ada sharing pengalaman young agripreneurs, lalu ada juga pameran komoditas dan hasil karya Inovatif pelaku Usaha dan pelaku utama, kemudian demonstrasi alsintan dan teknologi pertanian modern dan yang paling penting adalah melaunching gerakan petani milenial berorientasi ekspor," ungkapnya.

Dengan meningkatkan SDM di bidang pertanian, Dedi meyakini itu menjadi kunci kesuksesan Indonesia sebagai lumbung pangan dunia pada 2045.

"Pembangunan SDM harus menjadi kunci keberhasilan dan kesuksesan Indonesia di masa depan. Karena itu, semua SDM Indonesia harus memiliki keunggulan segala bidang untuk bersaing dalam revolusi industri 4.0," tandasnya. (cm)

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini