nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mutiara Berusia 8 Ribu Tahun Ditemukan di Uni Emirat Arab

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Selasa 22 Oktober 2019 17:04 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 22 18 2120190 mutiara-berusia-8-ribu-tahun-ditemukan-di-uni-emirat-arab-SKpup2jgjJ.jpg Mutiara berusia 8 ribu tahun yang ditemukan di Uni Emirat Arab. (Foto/AFP)

ABU DHABI - Mutiara tertua di dunia telah ditemukan di sebuah pulau di lepas Abu Dhabi, ibu kota Uni Emirat Arab.

Mutiara berusia 8.000 tahun itu ditemukan pada saat penggalian di Pulau Marawah yang juga mengungkapkan arsitektur paling awal di UEA.

Pihak berwenang mengutip BBC, Selasa (22/10/2019) mengatakan penemuan itu membuktikan bahwa mutiara telah diperdagangkan di wilayah tersebut sejak zaman Neolitik.

Baca juga: Mumi Kucing Ditemukan di Makam Berusia 2.500 Tahun

Baca juga: Buka Makam Kuno, Mesir Pamerkan Lebih dari 40 Mumi

Mutiara akan dipamerkan akhir bulan ini di galeri Louvre, Abu Dhabi.

"Penemuan mutiara tertua di dunia di Abu Dhabi memperjelas bahwa begitu banyak dari sejarah ekonomi dan budaya kita baru-baru ini memiliki akar yang dalam yang merentang kembali ke awal prasejarah," kata Mohamed Khalifa Al Mubarak, ketua Abu Dhabi Departemen Kebudayaan dan Pariwisata.

Foto/AFP

Para arkeolog menggunakan penanggalan radiokarbon untuk menentukan bahwa mutiara berasal dari tahun 5800 dan 5600 SM.

Mutiara pada waktu itu kemungkinan dipakai sebagai perhiasan dan digunakan untuk berdagang dengan Mesopotamia—Irak kuno—untuk keramik dan barang-barang lainnya, menurut para ahli Emerati.

Penggalian di Pulau Marawah, yang berfokus pada banyak struktur batu yang runtuh, juga mengungkapkan keramik, manik-manik yang terbuat dari kulit dan batu, dan batu panah kepala.

"Abu Dhabi Pearl", sebagaimana telah dijuluki, akan ditampilkan sebagai bagian dari pameran Louvre Abu Dhabi "10.000 Tahun Kemewahan", dibuka pada 30 Oktober.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini