Sumpah Pemuda, Generasi Milenial Diajak Tangkal Paham Radikal

Rasyid Ridho , Sindonews · Senin 28 Oktober 2019 22:32 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 28 340 2122831 sumpah-pemuda-generasi-milenial-diajak-tangkal-paham-radikal-KbVXYxe6Oi.jpg Kapolda Banten, Irjen Tomsi Tohir, mengajak pemuda menangkal paham radikal. (Foto : Rasyid Ridho)

SERANG – Kapolda Banten Irjen Tomsi Tohir mengajak para pemuda dan mahasiswa untuk berperan aktif menangkal paham radikalisme dan terorisme. Apalagi, pemuda dinilai rawan terpapar paham tersebut akibat mudahnya mengakses internet.

"Perlu langkah selanjutnya untuk bersama-sama menolak terorisme dan radikalisme di kalangan masyarakat, khususnya pemuda,” ucap Kapolda kepada wartawan, Senin (28/10/2019)

Kapolda mengatakan, saat ini terjadi pergeseran pola penyebaran paham radikalisasi di kalangan anak muda. Jika sebelumnya rekrutmen dilakukan dengan komunitas-komunitas kecil, kini media sosial menjadi sarana penyebaran paham radikalisme di kalangan pemuda.

"Pemuda adalah aset bangsa. Pergeseran zaman telah melahirkan generasi baru, generasi milenial. Wajah-wajah baru generasi yang sarat dengan teknologi informasi," ujarnya.

Ilustrasi Radikalisme. (Ist)

Kapolda mengajak para pemuda Banten untuk bisa memahami akar permasalahannya bagaimana radikalisme dan terorisme masuk ke generasi milenial. "Sehingga dengan begitu kita bisa mewaspadai masuknya radikalisme yang dapat merusak," tuturnya.

Pada peringatan sumpah pemuda ke 91, Kapolda Banten Irjen Tomsi Tohir, Gubernur Banten Wahidin Halim dan para pemuda, mahasiswa se-Banten menyepakati melawan radikalisme dan terorisme di 'tanah para jawara'.


Baca Juga : KPK : Pemuda Harus Terdepan Berantas Korupsi di Indonesia

Berikut isi deklarasinya:

"Demi menjaga seluruh nilai luhur yang ada pada tubuh bangsa dan negara ini, kami pemuda-pemudi Banten bersumpah. Menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, melawan segala bentuk radikalisme dan terorisme yang mengancam persatuan bangsa dan negara ini. Akan ikut serta dalam mempertahankan segala bentuk nilai luhur pada tubuh bangsa dan negara ini."


Baca Juga : Ma'ruf Amin: Kalau Tak Ada Perlawanan dari Pemuda, Belum Tentu Indonesia Merdeka

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini