nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Masuk Musim Penghujan, Gubernur Anies Perkenalkan Aplikasi JAKI

Senin 04 November 2019 22:40 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 04 1 2125738 masuk-musim-penghujan-gubernur-anies-perkenalkan-aplikasi-jaki-nL9Y7FUWwR.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya akan memasuki musim hujan pada bulan November 2019.

Namun kini warga Jakarta tak perlu khawatir akan ada banjir di wilayahnya karena beberapa waktu lalu Gubernur DKI Jakarta melalui Unit Pengelola Jakarta Smart City (JSC) mengembangkan aplikasi yang bisa menjadi one stop services apps dan city apps bagi warganya yang dikenal Jakarta Kini (JAKI).

ist

"Salah satu fitur unggulan dari JAKI ini adalah warga dapat melaporkan dan memantau perkembangan banjir di Jakarta,"kata Anies beberapa waktu lalu.

Di bulan Desember mendatang, kata Anies pengembangan JAKI fase kedua akan dirilis dengan empat fitur tambahan.

"Keempat fitur ini merupakan hasil integrasi dari aplikasi atau layanan daring yang telah disediakan oleh Pemprov DKI Jakarta," kata Anies.

Fitur baru yang akan muncul, yaitu:

● Pantau Banjir: fitur informasi mengenai tinggi permukaan air, genangan, pompa air, pintu air, dan pos pengamatan yang ada di Jakarta.

● Info Pangan: fitur informasi harga komoditas pangan harian yang terintegrasi dengan data PD Pasar Jaya.

● Tracking Laporan: fitur pemantauan progres tindak lanjut laporan dari berbagai kanal aduan.

● Feedback Warga: warga dapat memberikan penilaian terhadap hasil tindak lanjut laporan.

● Akses berbagai aplikasi perusahaan digital yang telah berkolaborasi dengan Pemprov DKI Jakarta.

"Selain menyediakan aplikasi, dengan semangat mewujudkan Jakarta 4.0, JAKI membuka kesempatan untuk warga yang memiliki ide untuk mengembangkan JAKI melalui JAKI Project," terangnya.

JAKI Project merupakan wujud ajakan kolaborasi Pemprov DKI Jakarta kepada warga yang punya ide kreatif mengenai fitur dalam JAKI yang dapat membantu orang-orang beraktivitas di Ibu Kota. Warga dapat menyampaikan ide melalui laman situs web resmi JAKI di jaki.jakarta.go.id.

Anies juga menghimbau agar warga segera memanfaatkan aplikasi JAKI atau Jakarta Kini dengan segera mengunduhnya melalui Google Play Store. (cm)

 

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini