nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ketika Ganja Dijual Melalui Instagram

Ade Putra, Jurnalis · Rabu 06 November 2019 02:34 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 06 340 2126227 ketika-ganja-dijual-melalui-instagram-mIK2vTHpTr.jpg Ilustrasi Ganja

SINTANG - Media sosial memang memudahkan setiap orang untuk transaksi secara online, tanpa harus ada pertemuan antara pembeli dan penjual. Tren online shop ini sering dijumpai di Facebook maupun Instagram.

Ternyata, tak hanya produk-produk keperluan sehari-hari, ganja pun didagangkan secara online. Melalui instagram. Secara terang-terangan. Seperti yang dilakukan MN, warga Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat.

Ilustrasi

Modus jual beli ganja via Instagram ini terbongkar setelah MN terjaring Operasi Antik Kapuas 2019.

"Tersangka ini membeli ganja melalui instagram dan dipaketkan melalui jasa pengiriman," ujar Kasat Narkoba Polres Sintang, AKP Samsul Bakrie saat press release hasil pengungkapan Operasi Antik Kapuas 2019 di Aula Mapolres Sintang, Selasa (5/11/2019).

Barang haram itu, kata Samsul, dibeli MN untuk dijual kembali ke pelanggan-pelanggannya yang ada di Sintang. "Tersangka MN inipun ditangkap saat hendak mengantarkan ganja tersebut ke pelanggannya pada 22 Oktober 2019 lalu," tuturnya.

MN diringkus di Jalan M Sa'ad, Kelurahan Tanjung Puri, Kecamatan Sintang Kota. "Ganja ini akan dibuangnya saat hendak digeledah. Namun terlebih dulu diketahui oleh petugas," terang Samsul. Lanjutnya mengatakan, berdasarkan pengakuan tersangka MN, dia sudah menjadi penjual ganja sejak setahun yang lalu. Sempat macet jualan, karena barang haran ini susah didapat.

Baca Juga : Ayah Cabuli Anak Tirinya Berkali-kali hingga Alami Trauma

Setelah mendapat jaringan penjual ganja via instagram, MN kembali aktif sejak tiga bulan lalu. Sekali pesan, biasanya sebanyak dua bungkus paket ganja. "Saat ini kami belum bisa menyebutkan nama akun yang digunakan, baik pembeli maupun penjual. Karena dalam proses pendalaman," tegasnya.

MN sendiri sudah diintai selama satu bulan. Karena dia pola bisnisnya cukup bersih dan sangat hati-hati. "Jadi ini untuk pertama kalinya sepanjang tahun 2019, jajaran Sat Narkoba Polres Sintang berhasil mengungkap tindak pidana narkoba jenis ganja," tutupnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini