nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gubernur Jateng Sepakat PNS Bekerja dari Rumah

Taufik Budi, Jurnalis · Jum'at 22 November 2019 14:15 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 22 512 2133147 gubernur-jateng-sepakat-pns-bekerja-dari-rumah-zwJynS5Da3.jpg Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (Foto: Okezone)

SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mengatakan, pegawai negeri sipil (PNS) bisa saja bekerja dari rumah, bahkan di mana pun. Hal itu bisa dilakukan asalkan sistem serta personel sudah siap dan bisa menggunakan teknologi informasi.

"Mereka yang memang di back office, saya kira baik. Sudah zamannya kok. Kalau mereka bisa menggunakan teknologi informasi, kerjanya tidak hanya dari rumah tapi dari mana pun," katanya di Wisma Perdamaian, Jumat (22/11/2019).

Baca Juga: 18.876 Orang Daftar CPNS di Pemprov DKI, Ini Formasi Paling Diminati

Pernyataan tersebut disampaikan Ganjar Pranowo menanggapi langkah Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) atau Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) yang akan menguji coba fleksibilitas kerja PNS tanpa bekerja di kantor pada 1 Januari 2020.

Menurut Ganjar, sudah saatnya bagi mereka yang di back office untuk diberikan ruang. Inovasi itu juga bisa memberikan efisiensi, seperti kemungkinan tidak membuat macet dan ribet.

"Tapi sistemnya disiapkan dulu. Personel disiapkan dulu agar nanti tidak mubazir," katanya.

Ganjar Pranowo

Kendati demikain, Ganjar mengakui kalau inovasi tersebut belum akan diterapkan di Jawa Tengah, karena memang belum ada sistemnya. Menurutnya, Jawa Tengah sedang mencoba e-office dulu sebelum menerapkan sistem lainnya.

"Belum, memang belum ada. Tapi kita lagi mencoba ke e-office dulu. Kalau e-office nanti sudah berlatih, sudah bisa, dan beberapa pekerjaan bisa ditunaikan dari rumah, maka presensi itu berdasarkan kinerja tidak lagi berdasarkan kehadiran fisik karena dari mana pun ia bisa bekerja," ujarnya.

Baca Juga: Tak Lagi Mengajar di UIN Suska, UAS Didoakan Sukses dalam Berdakwah

Seperti diberitakan, Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa akan menguji coba fleksibilitas kerja ASN tanpa bekerja di kantor per 1 Januari 2020. Uji coba itu akan dilakukan kepada 1000 ASN di lingkungan Bappenas.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini