nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Diguyur Hujan, Jalur Provinsi Penghubung Purwakarta-Subang Longsor

Mulyana, Jurnalis · Selasa 26 November 2019 04:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 26 525 2134400 diguyur-hujan-jalur-provinsi-penghubung-purwakarta-subang-longsor-VI9e51vGOx.jpg (Foto: Okezone.com/Mulyana)

PURWAKARTA - Akibat diguyur hujan deras, tembok penahan tanah (TPT) di pinggir jalan provinsi yang menghubungkan Kabupaten Purwakarta dan Subang, tepatnya di Jalan Raya Wanayasa, Kecamatan Wanayasa, Purwakarta, longsor. Longsoran material tanah menutupi setengah badan jalan. Beruntung, dalam kejadian itu tak ada korban jiwa.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) Kabupaten Purwakarta, Wahyu Wibisono atau akrab disapa Wibi mengatakan, longsor terjadi Pukul 16.55 WIB. Longsor akibat wilayah Wanayasa diguyur hujan deras. Diduga pondasi TPT tak bisa menahan beban. Akibatnya, terjadi longsoran tanah.

"Pondasi TPT yang ambrol itu, sepanjang 50 meter," ujar Wibi, kepada Okezone, Senin (25/11).

Sedangkan, ketinggian TPT yang longsor mencapai lima meter. Sehingga, material tanah merah itu menutupi sebagian jalan provinsi dengan panjang mencapai 20 meter dan lebar satu meter. 

Akibat longsor, arus lalu lintas menjadi terganggu. Beruntung, dalam kejadian itu tidak ada korban jiwa.

(Foto: Okezone.com/Mulyana)

Warga yang hendak ke Wanayasa atau ke arah Purwakarta, masih bisa menggunakan lajur yang tidak tertutup material tanah.

"Tetapi, harus hati-hati. Karena, kondisi jalan licin. Serta, masih adanya material tanah dan batu yang belum bisa dibersihkan," ujar Wibi.

Menurut Wibi, jajarannya sudah berupaya membersihan badan jalan dari material longsoran. Namun, masih ada bebatuan dan tanah merah berukuran besar yang belum bisa dibersihkan.

"Rencananya, pembersihan jalan provinsi ini akan dilanjutkan besok, dengan menggunakan alat berat," jelas Wibi.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini