nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Demonstran Irak Bakar Konsulat Iran di Najaf

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Kamis 28 November 2019 11:06 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 28 18 2135412 demonstran-irak-bakar-konsulat-iran-di-najaf-4rkZPA9gy0.jpg Pedemo bakar ban di depan konsulat Iran di Najaf. (Foto/AFP)

NAJAF - Pengunjukrasa Irak membakar konsulat Iran di kota suci Najaf pada Rabu 27 November 2019 memperpanjang aksi demonstrasi terhadap pemerintah.

Demonstrasi sejauh ini dilapokan telah menewaskan 350 orang.

Laporan menyitir AFP, Kamis (28/11/2019) api terlihat mengepul di pintu masuk konsulat Iran.

"Kemenangan untuk Irak!" dan "Iran harus keluar!" teriak pengunjuk rasa yang menduga ada campur tangan Iran dalam pemerintah Irak.

Baca juga: Pasukan Irak Lindas Demonstran di Karbala, Sedikitnya 18 Orang Tewas

Baca juga: Korban Tewas Demonstrasi dan Kerusuhan di Irak Capai Lebih dari 100 Orang

Konsulat Iran di kota suci Karbala juga menjadi sasaran pedemo pada awal bulan ini, dan pasukan keamanan yang membubarkan massa dengan menembak mati empat demonstran.

Sementara di Najaf, petugas keamanan menembakkan gas air mata hingga melukai puluhan pedemo namun mundur setelah ratusan orang mengelilingi konsulat dan membakar membakar ban, selimut, kardus dan barang-barang lainnya.

Para pemrotes masuk ke gedung yang tampaknya sudah ditinggalkan para staf konsulat Iran.

Para pengunjuk rasa melihat Iran sebagai kekuatan utama di belakang partai-partai politik Syiah Irak yang telah memegang kekuasaan negara itu Irak sejak invasi pimpinan-AS yang menjatuhkan Saddam Husein.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini