nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

2 Ruang Kelas SD di Banjarnegara Rusak Parah Imbas Tanah Bergerak

Elis Novit, Jurnalis · Senin 02 Desember 2019 23:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 12 02 512 2137111 2-ruang-kelas-sd-di-banjarnegara-rusak-parah-imbas-tanah-bergerak-CwHo1nCPIo.jpg Ruang kelas SD Negeri di Banjarnegara rusak imbas tanah bergerak (Foto: Elis Novit)

BANJARNEGARA - Akibat adanya pergerakan tanah, dua ruangan kelas 4 dan 5 di SD Negeri 1 Suwidak, Kecamatan Wanayasa Banjarnegara rusak parah. Kerusakan yang terjadi meliputi tembok retak dan jebol di sejumlah sisi, dan lantai kelas amblas. 

Kejadian pergerakan tanah ini akibat kondisi tanah yang labil di sekitar Desa Suwidak dan di tambah tingginya curah hujan selama sepekan terakhir di area lokasi bencana. Akibat rusaknya ruangan kelas , siswa kelas 4 dan 5 kini terpaksa menempati ruangan darurat, satu menempati area perpustakaan dan satunya menempati ruangan kantor guru.

Baca Juga: BNPB Catat Terjadi 3.383 Bencana Sepanjang Januari-November 2019

Rizal Saputro, salah satu guru pengajar di sekolah ini mengatakan, demi keselamatan siswa terpaksa di pindah ruangan dan ruangan kelas rusak dikosongkan.

"Kami benar-benar khawatir dan takut kalau melakukan aktivitas kegiatan belajar mengajar di dalam kelas yang rusak, hal tersebut karena kondisi tanah yang labil dan masih mengalami pergerakan hingga saat ini, siswa pun terpaksa kami boyong ke ruang perpustakaan dan ruang guru," tutur Rizal.

Ruang kelas SD rusak Foto: Elis Novit

Meski kondisi sekolah rusak dan menempati daerah rawan bencana, kegiatan belajar mengajar dan tes semester tetap berlangsung, meski siswa sebenarnya merasa takut dan was-was saat terjadi hujan.

"Sebenarnya saya takut saat belajar di kelas ruangan perpustakaan ini, karena temboknya juga sudah retak dan kalau hujan takut roboh," kata Risma siswa kelas 4 SD Negeri 1 Suwidak.

Kejadian rusaknya bangunan sekolah sudah dilaporkan ke pihak dinas terkait dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara, para siswa SD dan guru berharap segera bisa ditangani agar kegiatan belajar mengajar bisa berjalan normal kembali.

Baca Juga: 3.155 Bencana Terjadi di Indonesia, 495 Orang Tewas dan 3.280 Lainnya Terluka

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini