nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Video Bergosip Beredar, Trump Sebut PM Kanada Justin Trudeau Bermuka Dua

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Kamis 05 Desember 2019 10:16 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 12 05 18 2138195 video-bergosip-beredar-trump-sebut-pm-kanada-justin-trudeau-bermuka-dua-U8Bl5bcGIF.jpg Presiden AS Donald Trump dan PM Kanada Justin Trudeau. (Foto/Reuters)

LONDON - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyebut Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau bermuka dua usai video pemimpin kanada itu mengejeknya di hadapan para pemimpin dunia di pertemuan tinggi NATO (organisasi keamanan bersama) di Inggris.

Klip menunjukkan Trudeau, PM Inggris Boris Johnson dan pemimpin Prancis Emmanuel Macron mendiskusikan konferensi pers dadakan yang diadakan oleh Trump.

Para pemimpin NATO menyetujui pernyataan persatuan tetapi pertemuan peringatan ke-70 yang diadakan di dekat London juga menyaksikan beberapa baris.

Trump yang telah melihat video itu membatalkan konferensi pers yang direncanakan setelah KTT NATO.

"Kami akan langsung kembali. Saya pikir kami telah melakukan banyak konferensi berita," kata Trump mengutip BBC, Kamis (5/12/2019).

Video singkat yang diposting di Twitter oleh CBC, menunjukkan Trudeau mengobrol dengan sekelompok pemimpin dunia, termasuk Johnson, Macron, Perdana Menteri Belanda Mark Rutte, dan putri Ratu Elizabeth, Putri Anne di Istana Buckingham.

Di awal rekaman, Johnson bertanya kepada Macron, "Apakah itu sebabnya Anda terlambat?"

Trudeau kemudian menyela, "Dia terlambat karena dia harus konferensi pers 40 menit lebih."

Macron kemudian muncul untuk menceritakan sebuah cerita lucu, tetapi kata-katanya tidak terdengar.

Trudeau yang merasa cerita itu lalu merespons, "Oh ya, ya, dia mengumumkan ... [tidak terdengar]. Anda baru saja menyaksikan rahang timnya jatuh ke lantai."

Tak satu pun dari mereka yang menyadari bahwa mereka direkam.

Menanggapi hal itu, Trump mengatakan bahwa Trudeau, “bermuka dua”.

“Saya menganggapnya orang yang baik, tetapi kenyataannya saya akan mengungkap fakta bahwa dia tidak membayar 2% [PDB nasional untuk pertahanan ] dan saya kira dia tidak begitu senang tentang hal itu.

"Dia tidak membayar 2% dan dia harus membayar 2%. Kanada, mereka punya uang. Lihat, saya mewakili AS dan dia harus membayar lebih dari yang dia bayar, dia mengerti ... Saya bisa membayangkan dia tidak begitu bahagia tapi memang begitu. " 

Ditanya tentang video, Johnson mengatakan kepada wartawan. "Ini omong kosong. Saya tidak tahu dari mana asalnya."

Trudeau kemudian mengatakan kepada wartawan bahwa mereka tidak menertawakan konferensi pers Trump, tetapi tentang lokasi KTT G7 berikutnya yaiitu Kamp David, tempat peristirahatan presiden AS.

"Saya memiliki hubungan yang sangat baik dengan Trump," tambahnya.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini