nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ke Malang, Menteri LHK Tanam Pohon Kacang Termahal di Dunia

Avirista Midaada, Jurnalis · Kamis 05 Desember 2019 19:36 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 12 05 519 2138464 ke-malang-menteri-lhk-tanam-pohon-kacang-termahal-di-dunia-70CAIxYE9C.jpg Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar tanam pohon kacang termahal di dunia (Foto : Okezone.com/Avirista)

BATU - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya mengajak warga Malang menanam pohon macadamia yang merupakan salah satu penghasil kacang termahal di dunia.

Macadamia sendiri merupaja jenis pohon kacang yang hidup di ketinggian 800 mdpl dan dapat dimanfaatkan masyarakat sebagai kebutuhan ekonomi, namun tak mengganggu ekosistem lingkungan.

"Sebenarnya potensinya besar, hanya karena belum menonjol sehingga belum masyarakat yang tahu. Kita sudah distribusikan bibit Macadamia ke sejumlah wilayah di antaranya Sumsel, Sumut, Lampung, Jateng, Jabar, dan Jatim sendiri sebanyak 1 juta batang," tutur Siti Nurbaya di Desa Oro-Oro Ombo, Junrejo, Kota Batu, Kamis (5/12/2019).

Menteri LHK Siti Nurbaya tanam pohon kacang termahal di dunia (Foto : Okezone.com/Avirista)

Siti Nurbaya menerangkan bibit macadamia uni bisa bernilai ekonomis ketika sudah menginjak usia 5 sampai 7 tahun.

"Satu pohon macadamia sekali panen bisa sampai 20-25 kg dalam setahun bisa panen 3-4 kali. Ini ketika berusia 5-7 tahun, kalau menginjak 10 tahun produksinya bisa dua kali lipat. Kalau satu petani punya 1 hektare pohon macadamia. Itu gross margin-nya bisa lebih dari Rp1 miliar, dan ini bibit macadamia kami bagikan gratis untuk masyarakat," tuturnya yang disambut tepuk tangan masyarakat yang hadir.

Baca Juga : Jumlah RUU yang Masuk Prolegnas Tahun 2020-2024 Telah Meningkat

Selain bernilai ekonomis, Siti Nurbaya menyebut pohon Macadamia juga mampu menahan pengendalian erosi dan tahan terhadap kebakaran serta kekeringan.

"Kalau pakai sistem agroforestry ini tanaman Macadamia ini bisa meningkatkan fungsi hidrologis, pengendalian erosi, tahan terhadap kebakaran dan kekeringan," ucapnya.

Pihaknya berharap dengan adanya penggalangan penanaman bibit macadamia mampu mengendalikan ekosistem lingkungan tanpa mengesampingkan faktor ekonomis yang didapat masyarakat.

Menteri LHK Siti Nurbaya sendiri melakukan penanaman bibit pohon macadamia pada Gerakan Nasional Pemulihan DAS di Desa Oro - Oro Ombo, Junrejo, Kota Batu pada Kamis (5/12/2019). Didampingi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Walikota Batu Dewanti Rumpoko, ia menanam bersama-sama masyarakat kawasan hulu Sungai Brantas ini.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini