Refleksi Perjalanan Program Indonesia-Korea Teacher Exchange 2019

Sabtu 07 Desember 2019 14:01 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 07 1 2139126 refleksi-perjalanan-program-indonesia-korea-teacher-exchange-2019-FpICokB1wT.jpeg dok: Kemendikbud

PESERTA Indonesia-Korea Teacher Exchange (IKTE )2019 telah melakukan tugasnya sebagai peserta pertukaran guru IKTE 2019 dengan baik sejak 1 September-30 November 2019. Dalam waktu tiga bulan tersebut, berbagai pengalaman yang sangat berharga telah mereka dapatkan.

Pengalaman itu bukan hanya dapat meningkatkan kompetensi diri, kemampuan global dan kualitas belajar-mengajar tetapi dapat mengenalkan kepemahaman saling pengertian menjadi bagian dari masyarakat global antara negara peserta.

 ist

Hal ini terjadi karena dapat dikatakan bahwa bentuk ikatan emosional antara peserta IKTE dengan guru serta siswa pada sekolah Korea (Korea host school) telah terjalin selama pelaksanaan program tersebut. Program IKTE ini langkah awal untuk membangun model hubungan internasional melalui sumber daya manusia dalam bidang pendidikan.

Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) selaku penyelenggara Program Bilateral IKTE 2019 telah menjadwalkan kepada seluruh peserta IKTE 2019 untuk mempresentasikan hasil kegiatan secara berkelompok dengan waktu yang telah ditentukan.

Acara seminar hasil kegiatan program kegiatan IKTE 2019 ini diawali dengan sambutan Kabag Umum dan Kerjasama, Setditjen GTK Kemendikbu Dr. Susilo ,MA.

“Kepada seluruh peserta IKTE 2019 untuk dapat mendesiminasikan hasil pengalaman selama 3 bulan mengikuti program IKTE dengan mengimplementasikan dalam bentuk rancangan tindak lanjut yang akan disusun pada pertemuan ini,” ujar Susilo.

Hal ini senada dengan yang disampaikan Kasubag Kerjasama, Setditjen GTK Kemendikbud, Siti Ubaidah, MPd. yang mendampingi peserta program IKTE 2019 dari awal sampai akhir program.

Dijelaskannya, presentasi program ini merupakan suatu agenda kegiatan yang telah disusun untuk dilakukan ketika seluruh peserta kembali ke tanah air. Pada kesempatan ini terdapat 5 kelompok yang masing masing kelompok sesuai dengan host school yang mereka dapatkan. Mereka diberi waktu untuk memaparkan pengalaman praktik baik (best practice) secara bergantian dengan waktu yang telah disediakan.

“Target dari pertemuan ini diharapkan terjadi difusi silang pengalaman praktik baik (best practice) antar peserta kegiatan seperti bentuk implementasi kegiatan selama di sekolah Korea (Korea host school) seperti observasi kelas, aktivitas mengajar di kelas , kelas budaya, kegiatan di lingkungan sekolah, dan kegiatan-kegiatan edukasi lainnya. Selain itu dengan pertemuan ini dapat memberikan gambaran mengenai peran aktif peserta kegiatan selama mengikuti program IKTE ini,” tandasnya.

Ditjen GTK juga akan menindaklanjuti dari pelaksanaan program Indonesia-Korea Teacher Exchange 2019 yang akan dibuat secara terstruktur dan terencana. Mulai dari sosialiasi, implementasi serta pengembangan-pengembangan sehingga diharapkan akan terjadi inovasi khususnya dalam bidang kualitas pendidikan yang dimulai dari skala internal sekolah, KKG, dan wilayah guru peserta IKTE berada dan pada akhirnya untuk kemajuan Pendidikan dan Kebudayaan di Indonesia.

 (cm)

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini