nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Heboh Ayam Berkaki 4 di Sumbar, Pernah Ditawar Seharga Rp50 Juta

Rus Akbar, Jurnalis · Selasa 10 Desember 2019 00:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 12 09 340 2139923 heboh-ayam-berkaki-4-di-sumbar-pernah-ditawar-seharga-rp50-juta-TWU6sIltW8.jpg Ayam berkaki empat (Foto: Rus Akbar)

AGAM - Fenomena langka dialami ayam jenis boiler milik Deliusman (54), peternak ayam broiler di Taratak, Jorong Tigo Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar).

Biasanya kalau ayam cenderung dikenal dengan kokoknya atau jago bertarung, namun ayam milik Deliusman ini yang unik itu kakinya. Kaki ayam biasanya hanya dua, tapi ayam unik ini memiliki empat kaki seperti binatang vertebrata, seperti sapi.

Baca Juga: Polres Indragiri Hilir Sita 141 Burung Kakaktua Ilegal Berbagai Jenis

Ayam milik Deliusman memiliki kaki normal dua dan ditambah dua kaki lagi di dekat bagian ekornya sehingga berjumlah empat kaki.

"Ayam saya ini sudah berusia dua bulan dan ada kaki tambahan di bagian ekornya dua kaki, jadi total ayam saya ini ada empat kaki," katanya, Senin (9/12/2019).

Ayam aneh ini diketahui berkaki empat dua bulan lalu saat ribuan bibit ayam dipasok ke kandangnya. "Awalnya, saya menyangka ada anak ayam yang terinjak dengan usus ayam keluar di ekornya, namun saat akan ditangkap ayam dengan usus keluar itu lari berbaur dengan anak-anak ayam lainnya, " ujarnya. 

ayam berkaki empat foto: Rus Akbar

Keesokan harinya, dia berhasil menangkap ayam tersebut, setelah diperhatikan ternyata bukan usus ayam yang keluar tapi memang ayam tersebut berkaki empat.

"Pertama dilihat, seperti ada anak ayam terinjak keluar perutnya, rupanya bukan perut tapi kaki, lalu saya angkat dan pisahkan dari ayam banyak lainnya," tuturnya.

Baca Juga: Polisi Tangkap Penjual Hewan Langka

Kehebohan akan adanya ayam Deliusman itu ternyata menarik orang untuk memilikinya, bahkan pernah ada yang menawar seharga Rp50 juta. Namun, dia tidak mau menjualnya, karena baru seumur hidupnya memiliki ayam berkaki empat.

"Beberapa hari lalu ada yang menelepon dari Batam, saat itu dia menawarkan ayam tersebut seharga Rp50 juta, karena baru kali ini dapat ayam unik seperti ini," tuturnya.

Deliusman sudah mulai beternak ayam broiler sejak empat bulan lalu, setelah pulang kampung dari rantau di Medan, Sumatera Utara. "Usaha ayam ini sudah empat bulan lalu saya buka sampai saat ini," ujarnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini