BKSDA Amankan Beruang Madu yang Sudah Diawetkan Jadi Pajangan Rumah

Rasyid Ridho , Sindonews · Jum'at 28 Februari 2020 14:59 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 28 340 2175587 bksda-amankan-beruang-madu-yang-sudah-diawetkan-jadi-pajangan-rumah-HT7yJxv4BX.jpg BKSDA Amankan Beruang Madu yang Sudah Diawetkan dan Jadi Pajangan di Rumah Warga Cilegon (foto: Sindonews/Rasyid Ridho)

SERANG - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) wilayah I Jawa Barat mengamankan seekor beruang madu dengan nama ilmiah Helarctos Malayanus yang sudah diawetkan dari warga Kota Cilegon.

Kepala BKSDA wilayah I Jawa Barat Andre Ginson mengatakan, beruang madu yang sudah diawetkan tersebut diserahkan secara sukarela oleh warga Cilegon. Sebab, beruang madu masuk dalam hewan yang dilindungi pemerintah.

Baca Juga: Kisah Bayi Lahir Dalam Kapal Motor saat Penyeberangan dari Batam ke Jambi 

"Meskipun dalam kondisi sudah diawetkan atau pun kulitnya tetap tidak diperbolehkan dimiliki oleh masyarakat. Karena beruang madu masuk dalam daftar hewan yang dilindungi oleh pemerintah," ujar Andre kepada wartawan. Jumat (28/2/2020).

BKSDA Amankan Beruang Madu Yang Diawetkan dari Warga Cilegon (foto: Sindonews/Rasyid Ridho)	 

Andre menerangkan, berdasarkan undang - undang nomor 5 tahun 1990, tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistem, ofsetan maupun kulitnya, maupun bagian – bagian dari tubuh satwa yang dilindungi itu tidak diperbolehkan dimiliki perorangan tanpa izin.

"Beruang madu yang diperkirakan berumur 15 tahun dan sudah diawetkan sekitar sepuluh tahun lalu dimiliki warga untuk menjadi pajangan didalam rumah," ujarnya.

Dia menambahkan, dari pengakuan warga inisial DS, beruang madu diperoleh dari pemberian orang tua dan sudah menjadi kebanggaan dapat mengoleksi hewan warisan ayahnya.

Petugas BKSDA sendiri akan berkoordinasi dengan pimpin BKSDA Jawa Barat, untuk memutuskan beruang madu yang sudah diawetkan tersebut akan diapakan selanjutnya.

Baca Juga: Seorang Perempuan di Malang Lakukan Pencurian dengan Modus Hubungan Intim

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini