nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Puting Beliung Terjang Bangkalan, Puluhan Rumah Warga Rusak

Syaiful Islam, Jurnalis · Kamis 12 Desember 2019 10:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 12 12 519 2140923 puting-beliung-terjang-bangkalan-puluhan-rumah-warga-rusak-ZTpHWnhloq.JPG Pohon tumbang akibat dihantam puting beliung (Foto: Okezone.com/Syaiful Islam)

SURABAYA - Angin puting beliung menerjang Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur. Akibatnya, puluhan rumah yang ada di kecamatan Kota Bangkalan dan Burneh mengalami kerusakan. Seperti yang terjadi di Perumahan Pondok Halim 1 dan 2, serta Perumahan Griya Utama.

Angin kencang turut menumbangkan beberapa pohon besar. Seperti pohon yang ada di Jalan Ketengan, Jalan Halim Perdana Kusuma Bangkalan, Jalan RE Martadinata, Jalan Seokarno Hatta, Jalan Moh Yasin, Jalan Teuku Umar dan Jalan Sidingkap.

Tak hanya itu, angin juga merusak kantor Kelurahan Demangan. Kendaraan warga juga tak luput tertimpa pohon tumbang. Beruntung kejadian ini tidak sampai menelan korban jiwa. Namun menyebabkan seorang warga atas nama Yummah (25) warga Mlajah, mengalami luka berat.

Kini korban sudah dibawa ke RSU Syarifah Ambami Rato Ebu Bangkalan untuk mendapatkan perawatan. Warga yang rumahnya rusak akibat terkena puting beliuang langsung diperbaiki ketika cuaca sudah normal.

"Angin kencang tiba-tiba datang saat hujan. Genting rumah saya berterbangan. Akibatnya rumah kebanjiran karena banyak genting yang terbang. Mau keluar rumah saya takut, karena diluar anginnya sangat kencang," terang salah satu korban, Ima.

Dampak Puting BeliungDampak puting beliung (Foto: Okezone/Syaiful Islam)

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bangkalan, Rizal Morris, membenarkan adanya peristiwa tersebut. TRC melakukan pemotongan pada pohon yang tumbang di jalan.

"Angin kencang dan hujan deras berlangsung 30 menit kemarin, yang berdampak pada bencana. Kami menghimbau pada masyarakat untuk berhati-hati dan waspada dalam menghadapi pergantian musim ini," terang Rizal, Kamis (12/12/2019).

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini