nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tempat Ibadah 'Punden' di Bromo Dirusak Orang Tak Dikenal

Muhamad Rizky, Jurnalis · Kamis 12 Desember 2019 15:33 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 12 12 519 2141107 tempat-ibadah-punden-di-bromo-dirusak-orang-tak-dikenal-kG7BMQOaHk.jpg Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Argo Yuwono (Foto: Okezone)

JAKARTA - Tmpat beribadah bagi umat Hindu atau Punden di kawasan wisata Bromo, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur dirusak oleh orang tak dikenal.

Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol, Argo Yuwono mengatakan, berdasarkan informasi yang diterimanya bahwa ada Punden yang dirusak. Namun, belum diketahui siapa pelaku perusakan tersebut.

"Kami mendapat informasi, memang benar telah terjadi perusakan Punden di daerah Kecamatan Tosari, Pasuruan yang dilaporkan oleh penduduk setempat," kata Argo, Kamis (12/12/2019).

Baca Juga: Pemkab Tangerang Polisikan Perusak Portal Sungai Turi

Saat ini, polisi telah melakukan pemeriksaan di lokasi kejadian dan melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi terkait peristiwa tersebut.

"Dari kepolisian sudah mendatangi TKP (Tempat Kejadian Perkara) dan melihat. Kita sudah memeriksa saksi, juga melihat rusaknya seperti apa, itu rusak apa sudah pendataan itu," tuturnya.

Polisi juga telah mengumpulkan barang bukti yang ditemukan di lokasi perusakan tempat ibadah tersebut. Mulai dari serpihan patung hingga sisa kain yang terbakar.

"Tentunya dari Polres Pasuruan yang masih melakukan penyelidikan untuk mendalami siapa pelaku yang melakukannya," kata Argo.

Diketahui sebelumnya, bangunan setinggi 3 meter itu dirusak orang tak dikenal. Rusaknya bangunan tersebut baru diketahui pada Sabtu 7 Desember 2019 siang lalu.

Total ada dua bangunan yang bernama Padamasa itu dirusak. Pertama, yang terletak di lereng Gua Widodaren dan satu lagi di lereng Widodaren. Keduanya masuk dalam bangunan baru, bukan bangunan sejarah.

Baca Juga: Diduga Depresi, Pria Ini Ngamuk dan Lakukan Perusakan di Gereja Denpasar

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini