Eksekusi Lahan di Tamansari Bandung Sempat Ricuh, Gas Air Mata Ditembakkan

CDB Yudistira, Okezone · Kamis 12 Desember 2019 16:29 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 12 525 2141146 eksekusi-lahan-di-tamansari-bandung-sempat-ricuh-gas-air-mata-ditembakkan-bjEuohy7Jv.jpg (Foto: Okezone.com/CDB Yudistira)

BANDUNG - Proses pengosongan lahan Tamansari, Kota Bandung sempat diwarnai tembakan gas air mata, Kamis (12/12/2019). Pasalnya, puluhan massa yang mengatasnamakan warga Tamansari sempat menahan alat berat yang akan beroperasi.

Tak lama berselang, kericuhan yang terjadi langsung berhasil diredam polisi. Situasi pun berangsur kondusif dan dilanjutkan penertiban oleh petugas Satpol PP.

Pantauan di lokasi, terlihat beberapa petugas Satpol PP dan polisi yang masih berjaga. Sementara itu, beberapa unit alat berat mulai meruntuhkan satu demi satu rumah. Dari dalam rumah, barang-barang seperti meja hingga lemari dikeluarkan oleh petugas.

Beberapa unit pemadam kebakaran juga berjaga untuk mengantisipasi kebakaran yang sempat terjadi di salah satu rumah karena sengaja di bakar pemilik rumah.

Kepala Bidang Penegakan Hukum Daerah Satpol PP Kota Bandung Idris Kuswendi mengatakan, Pemkot Bandung telah memberi kelonggaran waktu bagi sebagian warga yang bertahan di Tamansari, namun tidak dimanfaatkan dengan baik.

Sebagian besar warga sudah pindah ke Rusunawa Rancacili. Hanya tersisa 11 warga yang masih bertahan.

"Kami sudah bayangkan masalah itu, kami pikirkan, kami pemerintah sifatnya regulasi. Sudah kita pikirkan dan diberi ruang longgar, tapi bapak ibu tak memanfaatkan baik dan benar," kata Idris kepada wartawan, di lokasi penertiban.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini