nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ular Sanca Sepanjang 3,5 Meter Ditangkap saat Hendak Mangsa Ayam di Kulonprogo

Senin 23 Desember 2019 11:51 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 12 23 510 2145119 ular-sanca-sepanjang-3-5-meter-ditangkap-saat-hendak-mangsa-ayam-di-kulonprogo-KkojL5heeT.jpg Warga Kulonprogo Tangkap Ular Sanca Sepanjang 3,5 Meter yang Hendak Makan Ayam Ternak Milik Mereka (foto: iNews/Budi Utomo)

KULONPROGO - Seekor ular sanca besar sepanjang 3,5 meter ditangkap warga di Pengasih, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Hewan itu diduga akan memangsa ternak ayam milik warga.

Penangkapan ular ini terjadi pada Senin (23/12/2019) dini hari, sekitar pukul 01.30 WIB di Desa Margosari, Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulonprogo.

Baca Juga: Tangkap Ular yang Masuk Rumah, Pria di Bogor Dipatuk hingga Dirawat 

"Awalnya saya dengar ayam itu petok-petok terus. Lalu saya keluar dan menyorot lampu senter, ketika itu kelihatan ada ular besar," kata seorang warga, Netik Subekti, dikutip iNews.

Saat dicek, ular tersebut ternyata berada di bawah kandang ayam, diduga hendak memangsa ternak warga. Namun sempat kabur ke arah selokan. Keluarga Netik yang tahu ada penemuan ular, langsung meminta tolong warga sekitar yang masih terjaga untuk menangkap ular.

Ilustrasi (foto: Okezone) 

Warga lainnya, Tri Totok mengatakan, begitu mendapat kabar ada penemuan ular besar, dia pun langsung meminta bantuan warga sekitar. Sebab, ukuran ular tersebut tidak dimungkinkan untuk ditangkap seorang diri, sedikitnya harus tiga orang.

"Tadi saya mau tangkap sendiri. Begitu lihat besar, tidak berani. Saya takut dililit ularnya," ujar dia.

Dia mengaku, tidak ada warga sekitar yang memelihara ular. Keberadaan ular sanca tersebut diduga berasal dari sawah, dan mendatangi permukiman warga untuk mencari mangsa.

Baca Juga: Sisir Permukiman, Ketua Tim Rescue Kritis Dipatuk Ular Kobra di Bintaro 

"Apalagi di sekitar sini banyak yang punya ternak," katanya.

Ular dengan bobot sekira 20 kilogram ini rencananya disumbangkan ke Kebun Binatang Gembiraloka Yogyakarta. Warga mengaku keberadaan ular tersebut lebih aman, ketimbang dilepaskan kembali atau dipelihara oleh salah satu warga sekitar.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini