nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Teror Warga, Ini Tempat Munculnya Ribuan Ulat Bulu di Cirebon Timur

Fathnur Rohman, Okezone · Selasa 24 Desember 2019 22:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 12 24 525 2145679 teror-warga-ini-tempat-munculnya-ribuan-ulat-bulu-di-cirebon-timur-flQwm39dgG.jpg Ulat Bulu di Cirebon Timur teror warga (Foto: Okezone/Fathnur)

CIREBON - Warga di Desa Sindanglaut, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat dihebohkan dengan kemunculan ribuan ulat bulu di lingkungan tempat tinggal mereka. Keberadaan ulat bulu ini sangat menggangu aktivitas warga.

Berdasarkan penuturan seorang warga bernama Sarka setiap tahunnya saat memasuki musim hujan ulat bulu tersebut selalu muncul. Akan tetapi, menurutnya tahun ini jumlahnya lebih banyak dibanding tahun sebelumnya.

Sarka mengaku, ulat-ulat bulu ini menempel di dinding, lantai, dan langit-langit di rumahnya. Setiap paginya ia harus menyapu ulat-ulat bulu tersebut. Ulat-ulat bulu ini dikatakan berasal dari pohon jati yang ada di sekitar lingkungan tempat tinggalnya.

Baca Juga: Ribuan Ulat Bulu Teror Warga Cirebon Timur

"Kalau udah banyak saya sapu. Saya cukup terganggu. Kalau kena kan bisa gatal-gatal," ujar Sarka, Selasa (22/12/2019).

Dia menambahkan ada sekitar 15 rumah dan satu Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) yang terdampak serangan ulat bulu tersebut. Ia menyampaikan, ulat-ulat bulu ini sudah mulai masuk ke pemukiman warga sejak hari Senin, 23 Desember 2019 lalu.

Sementara itu salah seorang warga lainnya yakni Jaenal mengatakan, dirinya hanya menggunakan perlatan seadanya seperti sapu, penyerok sampah, sapu lidi dan sebagainya untuk menyingkirkan ulat bulu tersebut. Ia berharap agar pemerintah Desa Sindanglaut bisa segera menyelesaikan permasalahan ini, agar aktivitasnya tidak menjadi terganggu.

Ulat Bulu Cirebon

"Saya bersihkan pake alat seadanya. Saya pakai sapu buat menyingkirkan ulat bulu ini. Saya berharap agar pihak desa bisa menyelesaikan permasalahan ini, " ucap dia.

Sekedar informasi, sejumlah warga di daerah Cirebon Timur khususnya di Desa Sindanglaut, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat dihebohkan dengan kemunculan ribuan ulat bulu di lingkungan mereka. Ulat bulu itu menempel di setiap sudut rumah dan mengganggu aktivitas warga.

Dari informasi yang didapat, selain di Desa Sindanglaut, ulat-ulat bulu ini juga ditemukan di jalan Cipeujeuh-Kamarang, Kecamatan Lemahabang. Bahkan orang-orang yang melintas di jalan tersebut terpaksa memutar arah karena takut terkena ulat bulu.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini