Lihat Gerhana Matahari Cincin, Warga Aceh: Masya Allah Indah Juga Ternyata

Windy Phagta, Okezone · Kamis 26 Desember 2019 15:20 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 26 340 2146258 lihat-gerhana-matahari-cincin-warga-aceh-masya-allah-indah-juga-ternyata-ejWR5DkiIa.jpg Salat gerhana matahari di Masjid Baiturahmah, Sinabang, Simeulue, Aceh (Okezone.com/Windy Phagta)

SIMEULUE - Gerhana matahari cincin (GMC) terlihat sempurna di Kabupaten Kepulauan Simeulue, Aceh, Kamis (26/12/2019). Bentuknya persis seperti cincin. Fenomena GMC secara total ini hanya berdurasi sekira 1 menit 34 detik.

Masyarakat berbondong-bondong datang ke pusat pemantau gerhana matahari cincin di Masjid Baiturrahmah, Kota Sinabang, Simeulue sejak pagi. Selain menyaksikan GMC, warga juga melaksanakan salat kusuf atau salat gerhana matahari secara berjamaah di masjid tersebut.

Gerhana matahari cincin tidak bisa terlihat dengan mata telanjang, melainkan harus menggunakan alat bantu seperti teleskop atau kacamata filter, agar tampak sempurna.

Di lokasi itu, Kantor Wilayah Kementerian Agama Aceh menyediakan 10 teleskop dan sejumlah kacamata untuk warga agar dapat melihat fenomena langsung GMC. Warga pun silih berganti meneropong matahari dengan alat itu.

"Mataharinya ada hitamnya, kok bisa gitu ya,” ujar Laiya (10) warga Simeulue, saat menyaksikan gerhana matahari cincin bersama orangtuanya.

 salat gerhana

Salat kusuf di Masjid Baturahmah, Simeulue (Okezone.com/Windy Phagta)

"Masya Allah kuasa Tuhan, sebenarnya saya takut awalnya, tapi setelah melihat ini indah juga ternyata," ujar Marhamah, warga lainnya.

Berdasarkan data Tim Falakiyah Kanwil Kemenag Aceh, GMC di Aceh secara keseluruhan terjadi selama tiga jam 45 menit 52 detik. Untuk kawasan Simeulue, gerhana matahari dimulai 10.07 WIB. Sementara gerhana matahari cincin terjadi pada pukul 11.53 WIB.

"Puncak cincinnya pada pukul 11.55 WIB dan akhir cincin pukul 11.56 WIB, dan gerhana berakhir sampai pukul 12.54 WIB," kata Tim Falakiyah Kanwil Kemenag Aceh, Alfirdaus Putra.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini