Ribuan Warga Jatim Saksikan Gerhana Matahari Cincin dan Ikuti Salat Kusuf

Kamis 26 Desember 2019 14:43 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 26 519 2146242 ribuan-warga-jatim-saksikan-gerhana-matahari-cincin-dan-ikuti-salat-kusuf-a0xl8Y48uL.jpg Ilustrasi gerhana matahari cincin. (Foto: Universe Today)

SURABAYA – Ribuan masyarakat Jawa Timur antusias menyaksikan gerhana matahari cincin di halaman Masjid Nasional Al Akbar, Kota Surabaya. Ribuan masyarakat juga mengikuti Salat Kusuf (Salat Gerhana) yang diselenggarakan di sana.

Sejak pukul 11.00 WIB, masyarakat dari berbagai daerah berbondong-bondong datang menyaksikan fenomena langka tersebut. Diperkirakan sekira 10 ribu warga hadir di masjid ini.

Baca juga: Gerhana Matahari, Kemenag Imbau Umat Islam Dirikan Salat Kusuf 

"Alhamdulillah, antusiasme masyarakat luar biasa. Masjid penuh dan ini di luar perkiraan kita," kata Humas Masjid Nasional Al Akbar, Helmy M Noor, Kamis (26/12/2019), mengutip dari iNews.id.

Ia menjelaskan, ada tiga aspek yang dibidik pihak Masjid Al Akbar dalam acara nonton bareng gerhana matahari cincin hari ini. Pertama yakni wisata, karena saat ini merupakan masa liburan.

"Kami ingin anak-anak berlibur ke masjid, daripada jauh-jauh ke tempat wisata, lebih baik ke sini," katanya.

Baca juga: Gerhana Matahari Cincin Bakal Terlihat di 7 Provinsi, Berikut Daftarnya 

Kedua yakni aspek edukasi. Pihaknya ingin mengajak masyarakat melihat langsung pergeseran matahari saat bertemu dengan bulan.

Kemudian yang ketiga adalah aspek ibadah. "Hari ini kami menyelenggarakan Salat Gerhana dan istigasah," paparnya.

Guna mendukung kegiatan ini, pihak masjid menyiapkan 9 teropong dan 99 kacamata khusus. Harapannya, masyarakat bisa menikmati fenomena gerhana matahari cincin dengan sempurna.

"Acara ini kami selenggarakan bekerja sama dengan Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama Jawa Timur," ucapnya.

Baca juga: Ribuan Warga Antusias Saksikan Gerhana Matahari Cincin Terlihat Sempurna di Simeulue Aceh 

Warga melihat gerhana matahari cincin di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya, Kamis (26/12/2019). (Foto: iNews/Ihya 'Ulumuddin)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini