nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Indonesia Prihatin dengan Situasi di Irak, Minta Semua Pihak Menahan Diri

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Sabtu 04 Januari 2020 18:12 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 04 18 2149277 indonesia-prihatin-dengan-situasi-di-irak-minta-semua-pihak-menahan-diri-hsFnk3eCMC.jpg Seorang pria mengibarkan bendera Irak. (Foto/Reuters)

JAKARTA – Indonesia merasa prihatin dengan peningkatan situasi yang terjadi di Irak setelah serangan Amerika Serikat (AS) yang menewaskan Komandan Pasukan Elit Quds Iran, Qassem Soleimani pada Jumat 3 Desember 2020.

Kementerian Luar Negeri meminta semua pihak untuk menahan diri dari tindakan yang dapat memperburuk situasi. “Kami mengimbau WNI (warga negara Indonesia) di Irak untuk selalu meningkatkan kewaspadaan,” bunyi pernyataan Kemenlu, Sabtu (4/1/2020).

Baca juga: Trump: Pembunuhan Komandan Pasukan Elite Iran untuk Mencegah Perang

Baca juga: Komandan Pasukan Elitenya Dibunuh, Iran Bersumpah Balas Dendam pada AS

Pernyataan itu menambahkan warga Indonesia segera menghubungi kedutaan besar Indonesia di Baghdad jika memerlukan informasi atau bantuan.

Berikut hotline KBRI Baghdad +9647500365228.

Qassem Soleimani tewas setelah pesawat tanpa awak AS meluncurkan roket di Bandara Interasional Badhdad. Dia merupakan tokoh kunci yang memainkan peran Iran di kawasan Timur Tengah.

Presiden AS Donald Trump menyebut Soleimani sebagai “terorisme nomor satu di dunia”.

Sedangkan Iran bersumpah akan membalas serangan AS atas tewasnya Soleimani. Dalam sebuah pernyataan setelah kematian Soleimani, Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei mengatakan, "Kepergiannya tidak mengakhiri jalannya atau misinya, tetapi pembalasan dendam yang kuat menunggu para penjahat yang membunuhnya dan para martir lainnya semalam dengan tangan mereka."

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini