nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Horor Puting Beliung di Surabaya, Pohon dan Tiang Listrik Tumbang

Syaiful Islam, Jurnalis · Minggu 05 Januari 2020 21:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 05 519 2149561 horor-puting-beliung-di-surabaya-pohon-dan-tiang-listrik-tumbang-BwZU09x9V3.jpg Angin puting beliung menumbangkan pohon dan tiang listrik di Surabaya. (Foto: Okezone.com/Syaiful Islam)

SURABAYA - Hujan deras disertai angin puting beliung melanda Kota Surabaya, Minggu (5/1/2020) sore. Sejumlah tiang listrik dan pohon bertumbangan. Akibatnya, sejumlah daerah mengalami listrik padam.

Selain itu, juga terjadi kemacetan pada beberapa ruas jalan karena ada pohon yang roboh. Di samping merobohkan tiang listrik dan pohon, puting beliung juga merusak rumah-rumah warga di Kota Surabaya.

"Tadi anginnya sangat kencang saat hujan turun. Angin kencang sendiri berlangsung sekitar 15 menit. Banyak pohon yang jatuh ke jalan, dan tiang listrik roboh," terang salah seorang warga Surabaya, Joko.

Menurut Joko, saat angin kencang datang warga ketakutan. Mereka yang berada di pinggir jalan, langsung berteduh ke tempat yang dianggap aman seperti ke dalam pertokoan dan warung.

"Pohon roboh terjadi seperti di Jalan Kebonsari, sehingga menggangu arus lalu lintas karena pohon roboh ke badan jalan," ucapnya.

Ilustrasi. (Foto: Okezone)

Sementara itu, Senior Manager General Affairs PLN Unit Induk Distribusi Jatim, A Rasyid Naja, menyatakan puting beliung mengakibatkan beberapa tiang patah, bengkok, miring dan roboh, sehingga menyebabkan pemadaman listrik pada sejumlah daerah di Surabaya dan sekitarnya.

Wilayah yang terdampak pemadaman antara lain meliputi Rungkut, Waru, Jemursari, Gayungan, dan Tegalsari. Disusul Taman, Krian, Gedangan yang masuk Kabupaten Sidoarjo. Tahap pertama yang dilakulan PLN setelah cuaca membaik adalah evakuasi pohon-pohon dan material yang menimpa jaringan.

"Petugas sedang mengganti material yang rusak dari tiang-tiang listrik yang patah dan bengkok. PLN akan menormalkan kembali jaringan listrik yang terganggu usai kondisi aman. Kami sampaikan permohonan maaf pada pelanggan yang padam listrik," ucap Rasyid.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini