Pesawat Ukraina Jatuh di Iran, Ratusan Penumpang Tewas

Rachmat Fahzry, Okezone · Rabu 08 Januari 2020 13:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 08 18 2150596 pesawat-ukraina-jatuh-di-iran-ratusan-penumpang-tewas-Keh2pzCMf0.jpg Petugas berada di lokasi pesawat jatuh Ukraina di Teheran, Iran. (Foto/IRNA)

TEHERAN – Ratusan orang tewas akibat pesawat yang membawa mereka jatuh setelah lepas landas di Bandara Imam Khomeini, Teheran, Iran

Laporan Press TV, Rabu (8/1/2020) yang mengutip Ali Khashani, seorang pejabat hubungan masyarakat di Bandara Imam Khomeini, mengatakan pesawat yang jatuh merupakan jenis Boeing 737.

Pesawat tersebut dioperasikan oleh Ukraine International Airlines (UIA), yang menuju ke Kiev. Pesawat jatuh pada Rabu pagi di sekitar Parand, sebuah kota di Kabupaten Robat Karim, Teheran.

Akibat insiden tersebut pesawat yang membawa ratusan penumpang dipastikan tewas. Hal itu dikatakan Kepala Layanan Medis Darurat Iran, Pir-Hossein Koulivand, dalam sebuah keterangannya yang kemudian disebarluaskan oleh kantor berita Tasnim.

Mengenai jumlah korban tewas, masih belum ada jumlah pasti. Sejumlah media setempat melaporkan terdapat 160 penumpang dan sembilan awak tewas. Sedangkan Kantor Berita IRNA, melaporkan pesawat membawa 167 penumpang dan sembilan awak pesawat. Sementara laporan yang ditulis Reuters dikutip dari kantor berita Fars pesawat membawa 180 penumpang.

Hingga saat ini belum diketahui pasti penyebab kecelakaan tersebut, namun diduga disebabkan masalah teknis, kata Ali Kashmani, juru bicara Bandara Imam Khomeini.

Juru Bicara Organisasi Penerbangan Sipil Iran Reza Jafarzadeh menambahkan, tim penyelamat telah dikirim ke lokasi kecelakaan pesawat. Koulivand mengatakan api telah padam dan petugas darurat sedang mengevakuasi ratusan korban jiwa. (dka)

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini