nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Iran Akui Tak Sengaja Tembak Jatuh Pesawat Ukraina

Rahman Asmardika, Jurnalis · Sabtu 11 Januari 2020 11:38 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 11 18 2151730 iran-akui-tak-sengaja-tembak-jatuh-pesawat-ukraina-2ppHhcG7pH.jpg Foto: Reuters.

TEHERAN – Iran mengakui bahwa pesawat Ukraina yang baru-baru ini mengalami jatuh di Teheran “tak sengaja” ditembak setelah terbang terlalu dekat dengan instalasi pertahanan dan memicu peluncuran rudal.

Dalam pernyataan militer yang dibacakan di saluran media pemerintah, Teheran mengonfirmasi bahwa sebuah rudal, dan bukan kerusakan mesin yang menyebabkan terjadinya kecelakaan itu pada Rabu 8 Januari 2020. Pernyataan tersebut mencatat bahwa penembakan itu "tidak disengaja" dan menyatakan bahwa mereka yang bertanggung jawab akan menghadapi konsekuensinya.

BACA JUGA: Iran Tantang PM Kanada Tunjukkan Laporan Intelijen Terkait Jatuhnya Pesawat Ukraina

“Hari yang menyedihkan. Kesimpulan awal investigasi internal oleh Angkatan Bersenjata: Kesalahan manusia pada saat krisis yang disebabkan oleh petualangan AS menyebabkan bencana. Penyesalan mendalam kami, permintaan maaf dan belasungkawa kepada rakyat kami, kepada keluarga semua korban, dan kepada negara-negara yang terkena dampak lainnya,” tulis Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif dalam sebuah posting di Twitter.

BACA JUGA: Pesawat Berpenumpang 180 Orang Jatuh Usai Lepas Landas di Bandara Iran

Pesawat Boeing 737 Ukrainian International Airlines (UIA) penerbangan 752 jatuh di dekat Teheran pekan lalu, menewaskan 176 penumpang dan awak yang berada di dalamnya. Pesawat tersebut baru lepas landas dari bandara Teheran dalam penerbangan menuju Kiev sebelum meledak di udara dan jatuh.

Sebanyak 82 warga negara Iran tewas dalam insiden itu, sementara korban jiwa warga asing terdiri dari 63 warga Kanada, 11 warga Ukraina, 10 warga Swedia, tiga warga Jerman dan tiga warga Inggris.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini