nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pangkalan Udara Irak yang Tampung Tentara AS Dihantam Rudal, Empat Orang Terluka

Rahman Asmardika, Jurnalis · Senin 13 Januari 2020 09:36 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 13 18 2152174 pangkalan-udara-irak-yang-tampung-tentara-as-dihantam-rudal-empat-orang-terluka-bjzn4EXg13.jpg Pangkalan udara Ballad. (Foto: US Army)

BAGHDAD – Sedikitnya empat anggota militer Irak terluka setelah serangan roket menghantam pangkalan udara di sebelah utara Baghdad, yang biasa ditempati pasukan Amerika Serikat (AS). Serangan itu terjadi hanya beberapa hari setelah Iran meluncurkan rudal balistik ke dua pangkalan yang menampung pasukan AS di Irak sebagai pembalasan atas pembunuhan komandan militernya, Qasem Soleimani.

Keterangan pejabat keamanan Irak yang dilansir CBS News, Senin (13/1/2020), mengatakan serangan yang terjadi pada Minggu, 12 Januari itu melukai seorang perwira angkatan udara dan tiga prajurit Irak. Sampai berita ini diturunkan belum ada kelompok yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan tersebut.

BACA JUGA: Pangkalan Pasukan AS di Irak Diserang Selusin Rudal, Iran: Pembalasan untuk Soleimani

Roket menghantam Pangkalan Udara Balad, yang menampung pelatih, penasihat, dan perusahaan Amerika yang menyediakan layanan pemeliharaan untuk pesawat F-16. Para pejabat mengatakan beberapa roket jatuh di sebuah restoran di dalam pangkalan udara yang berjarak sekira 80 kilometer dari Baghdad.

BACA JUGA: Komandan Pasukan Elite Iran Tewas dalam Serangan Roket di Bandara Irak

Pernyataan dari kantor media Irak memunculkan keterangan yang berbeda, mengatakan bahwa pangkalan itu dihantam delapan roket dan hanya dua tentara Irak yang terluka. Menurut juru bicara koalisi pimpinan AS, saat ini tidak ada tentara AS yang berada di Pangkalan Udara Ballad.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini