nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Putin Calonkan Pejabat Pajak Tak Terkenal Sebagai Kandidat Perdana Menteri Rusia

Rahman Asmardika, Jurnalis · Kamis 16 Januari 2020 17:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 16 18 2153786 putin-calonkan-pejabat-pajak-tak-terkenal-sebagai-kandidat-perdana-menteri-rusia-qSMCjZCxXm.jpg Mikhail Mishustin. (Foto: Sputnik)

MOSKOW - Anggota parlemen di Moskow pada Kamis, 16 Januari 2020 akan mulai meninjau pencalonan Kepala Perpajakan Mikhail Mishustin sebagai perdana menteri baru Rusia. Pejabat yang selama ini kurang dikenal publik itu dicalonkan oleh Presiden Rusia Vladimir Putin untuk menggantikan Dmitry Medvedev yang mengundurkan diri bersama pemerintahnya pada Rabu, 15 Januari.

Mishustin dilaporkan telah melakukan pembicaraan selama sekira satu jam dengan anggota parlemen Duma, majelis rendah parlemen Rusia. Duma yang sangat setia pada Kremlin kemungkinan akan menyetujui Mishustin untuk mengambil alih peran dan jabatan Medvedev.

BACA JUGA: Pemerintah Rusia Umumkan Pengunduran Diri Massal Setelah Pidato Kenegaraan Putin

"Dia adalah orang yang telah membuat reputasi untuk dirinya sendiri dengan menciptakan Layanan Pajak Federal berteknologi tinggi dari awal dengan menggunakan teknologi canggih, ekonomi digital," kata Pimpinan Duma, Vyacheslav Volodin mengenai sosok Mishustin sebagaimana dilansir RT, Kamis (16/1/2020).

Mishustin telah mengepalai Layanan Pajak Federal sejak 2010 dan dijuluki "petugas pajak masa depan" dalam profil Financial Times baru-baru ini. Pria kelahiran Moskow itu berupaya merampingkan pekerjaan departemennya di seluruh negeri, dan berhasil menyederhanakan pajak untuk warga Rusia sehari-hari dengan menciptakan apa yang disebut sistem "jendela tunggal", mengurangi dokumen dengan digitalisasi banyak proses dan membangun basis data terpadu besar-besaran tahun lalu.

Hasil dari reformasi itu terlihat dengan peningkatan pendapatan yang diperoleh Rusia. Volodin mengatakan, kandidat PM itu juga memiliki "keterbukaan" dan "dinamisme" di antara kualitas terbaiknya.

BACA JUGA: Putin Nyatakan Akan Mundur Sebagai Presiden Rusia pada 2024

Dia menambahkan bahwa "pengetahuan yang luas tentang apa yang terjadi di wilayah-wilayah Rusiaā€¯ menambah kepercayaannya pada pria berusia 53 tahun itu. Putin membuat serangkaian pengumuman mengejutkan selama dan setelah pidato kenegaraannya pada Rabu, yang memicu spekulasi tentang perannya setelah 2024, ketika masa jabatannya sebagai presiden berakhir.

Beberapa menduga bahwa Putin yang telah memimpin Rusia sejak 1999, akan mengambil posisi baru, meski akan tetap memiliki peran kuat di belakang layar.

Masih belum jelas juga apakah Mishustin, seorang teknokrat yang relatif tak dikenal, adalah figur sementara atau dipersiapkan sebagai pengganti Putin di masa depan.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini