Share

Polisi Sita Sejumlah Buku Rekening di Keraton Agung Sejagat

Taufik Budi, iNews.id · Kamis 16 Januari 2020 10:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 16 512 2153574 polisi-sita-sejumlah-buku-rekening-di-keraton-agung-sejagat-IcZpvKdlVT.jpg Toto Santoso, Raja Keraton Agung Sejagat, saat gelar perkara di Polda Jateng. (Foto : iNews/Taufik Budi)

SEMARANG – Polisi menangkap Raja dan Ratu Keraton Agung Sejagat di Purworejo, Jawa Tengah. Dalam penangkapan itu, polisi menyita sejumlah buku rekening tabungan dan uang tunai jutaan rupiah.

"Buku-buku rekening (tabungan) itu banyak, tapi atas nama raja Toto ini, hanya ada satu rekening tabungan, yang jumlahnya sekira Rp20 jutaan," kata Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Iskandar Fitriana Sutisna, Kamis (16/1/2020).

Buku-buku rekening dan uang yang disita diduga merupakan milik pengikut yang telah menyetorkan sejumlah uang. Para pengikut dikenakan iuran bervariasi, mulai dari Rp3 juta hingga Rp30 juta.

"Yang jelas buku tabungan ada banyak isinya. Ada yang Rp20 juta, Rp30 juta," tuturnya.

Kapolda Jateng Irjen Rycko Amelza Dahniel saat ekspose kasus Keraton Agung Sejagat di Mapolda Jateng, Rabu (15/1/2020). (Taufik Budi)

Dengan menyetor uang tersebut, pengikut mendapat iming-iming jabatan di keraton mulai tingkat menteri hingga lurah. Gaji yang ditawarkan juga sangat menggiurkan yakni menggunakan mata uang dolar.


Baca Juga : Keraton Agung Sejagat Miliki 13 Kementerian, Salah Satunya Khusus Ritual

"Dari keuangan itu masih akan diperiksa lagi, akan dihitung kembali. Kalau uang cash yang disita kemarin Rp16.200.000," tuturnya.


Baca Juga : Ungkap Keraton Palsu di Purworejo, Polisi Gandeng 3 Profesor

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini