Pria Australia Diduga Terinfeksi Virus Korona Usai Pulang dari China

Selasa 21 Januari 2020 18:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 21 18 2156216 pria-australia-diduga-terinfeksi-virus-korona-usai-pulang-dari-china-GWlg8q7kPy.jpg Bendera Australia. (Foto/Wikipedia Commons)

BRISBANE - Seorang pria Australia diduga terinfeksi virus korona jenis baru usai pulang dari China.

Pria tersebut, melansir ABC Australia, Selasa (21/1/2020) diisolasi di rumahnya di Brisbane untuk menjalani serangkaian tes yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Queensland.

Pria tersebut baru pulang dari Wuhan, kota pertama yang dilaporkan sumber virus ini. Ia juga menunjukkan gejala terinfeksi virus korona, seperti demam tinggi dan batuk.

"Ada seorang pria yang sedang kami terus tindaklanjuti kondisinya saat ini, yang pernah melakukan perjalanan ke Wuhan dan mengalami gangguan pernafasan," Kepala Tim Medis Queensland, Dr Jeannette Young.

"Ia sekarang sedang dalam masa pemulihan di rumahnya."

"Kami sudah menjalankan serangkaian tes terhadap pria ini [untuk mengetahui apakah dia terjangkit virus [korona] dan kami masih menunggu hasilnya."

Baca juga: Fakta-Fakta Virus Korona China yang Telah Merenggut 4 Jiwa

Baca juga: Kenali Gejala Awal Pneumonia Wuhan yang Disebabkan Virus Korona Baru

Dr Young mengatakan, hasil tes baru bisa diketahui beberapa hari ke depan, karena diperlukan informasi medis yang lebih lengkap dari China.

"Kami tidak bisa melakukan satu tes yang spesifik untuk virus yang juga spesifik ini, karena kami belum pernah melihat virus ini sebelumnya, jadi kita harus merancang beberapa tes untuk memastikan ini adalah virus yang dimaksud,” tutur Dr Young.

Virus korona adalah kelompok virus yang menyebabkan penyakit seperti pilek dan infeksi saluran pencernaan, dan penyakit yang lebih baru termasuk SARS (sindrom pernafasan akut akut).

SARS yang disebabkan virus korona, menjangkiti 8.098 orang di China pada tahun 2002-2003. Tercatat 774 orang meninggal dunia akibat virus tersebut.

Virus korona dapat menyebabkan gejala mulai dari demam ringan, batuk hingga sesak pernafasan.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini