nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Soal Uang Iuran Pengikut Keraton Agung Sejagat, 'Raja' Toto Enggan Komentar

Taufik Budi, Jurnalis · Selasa 21 Januari 2020 15:52 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 21 512 2156121 soal-uang-iuran-pengikut-keraton-agung-sejagat-raja-toto-enggan-komentar-COscHJUbQ5.jpg Toto Santoso/pakai baju tahanan (foto: iNews)

SEMARANG - Raja Toto Santoso (42) tak banyak bicara saat ditanya tentang uang iuran yang dibayarkan pengikutnya. Polisi menyebut pengikut harus membayar iuran Rp3 juta hingga Rp30 juta untuk bergabung dengan Keraton Agung Sejagat.

“Saya juga enggak bisa berkomentar saat ini. Mohon maaf,” kata Toto kepada awak media, di Markas Kepolisian Daerah Jawa Tengah, Selasa (21/1/2020).

 Baca juga: 3 Hal yang Bikin 'Raja' Toto Keraton Agung Sejagat Minta Maaf

Dia menolak menjawab jumlah uang yang terkumpul dari para pengikutnya. Tercatat sekira 450 orang yang bergabung menjadi anggota keraton yang berlokasi di Desa Pogung Jurutengah Kecamatan Bayan Kabupaten Purworejo.

Sebelumnya diberitakan, Toto menyampaikan permohonan maaf karena aktivitasnya mendirikan keraton baru meresahkan warga. Dia juga mengakui keraton tersebut fiktif dan tak ada keterkaitan dengan kerajaan-kerajaan lain.

“Tadi sudah saya jelaskan bahwa Keraton Agung sejagat itu fiktif,” lugasnya.

 Baca juga: Ketika 'Raja' Toto Minta Maaf ke Pengikut Keraton Agung Sejagat

Dengan wajah lesu dan pakaian tahanan warna biru, Toto tak banyak bicara. Dia sesekali melihat wajah kuasa hukumnya yang berdiri mendampingi.

“Ya kita memang tidak ada hubungan dengan keraton manapun,” singkat dia.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini