nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polisi Tangkap Begal Geng Kapak Merah di Padang, Sudah Beraksi 25 Kali

iNews TV, Jurnalis · Kamis 23 Januari 2020 18:49 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 23 340 2157342 polisi-tangkap-begal-geng-kapak-merah-di-padang-sudah-beraksi-25-kali-Bqhzjq8A4H.jpg Motor hasil curian kedua tersangka. (Foto: tangkapan layar iNews TV)

PADANG - Dua orang komplotan begal berhasil ditangkap Tim Reserse Kriminal Polsek Pauh di daerah Tunggul Hitam, Kecamatan Koto Tengah, Kota Padang. Petugas mengamankan sebuah kapak merah dan 25 unit sepeda motor hasil begal.

Dalam rekaman CCTV milik kampus Universitas Andalas Kota Padang, sejumlah mahasiswa berusaha mengepung dan menangkap seorang pelaku begal yang melarikan sepeda motor korbannya. Pelaku terpepet dan jatuh dari sepeda motor yang kemudian melarikan diri.

Tersangka bernama Suryadi berhasil dibekuk di daerah Tunggul Hitam. Setelah dilakukan pengembangan, petugas turut mengamankan rekannya yang bernama Gusman di lokasi yang sama.

Kedua orang tersangka merupakan pelaku begal yang dikenal bernama ‘Geng Kapak Merah’. Setiap beraksi para pelaku kerap mengancam korbannya dengan kapak. Mereka menyasar mahasiswa di lingkungan kampus.

Satu unit sepeda motor yang dirampas dijual seharga Rp2,5 juta ke daerah pesisir selatan. Uang hasil penjualan motor curian digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Kapolsek Pauh, Kompol Hamidi mengatakan, pihaknya sudah lama mengincar kedua pelaku. Namun baru berhasil menangkap di percobaan kelima.

(Foto: iNews TV)

“Sudah lama kita incar, sudah 5 kali kita coba, tapi licin sekali, yang keenam ini bisa kita tangkap,” ucapnya dalam tayangan iNews TV, Kamis (23/1/2020).

Dari tangan pelaku, petugas mengamankan sebuah kapak berwarna merah serta 25 unit sepeda motor hasil begal yang dirampas tersangka di sejumlah kampus di Kota Padang.

Tersangka dijerat dengan Pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan Pemberatan dengan ancaman hukuman maksimal lima tahun penjara.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini