nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

3 Wisatawan Asing Suspect Virus Korona Dirawat di RSUP Sanglah

iNews TV, Jurnalis · Sabtu 25 Januari 2020 14:42 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 25 244 2158216 3-wisatawan-asing-suspect-virus-korona-dirawat-di-rsup-sanglah-hGmlFwVTJq.jpg RSUP Sannglah (Foto : iNews TV)

BALI - Sebanyak tiga wisatawan asing yang berkunjung ke Bali, dua asal China dan satu orang asal Meksiko diduga menderita pnemonia yang disebabkan oleh virus korana. Keduanya saat ini tengah menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Sanglah, Denpasar.

Dari tiga WNA tersebut, turis asal meksiko sudah diizinkan meninggalkan rumah sakit setelah pemeriksaan lab menunjukkan hasil negatif. Sementara, kondisi dua pasien lainnya terus didalami.

Namun, untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, akses media untuk melakukan pengambilan gambar di dalam areal rumah sakit sangat dibatasi. Keterangan hanya diperoleh dari Direktur Medik dan Keperawatan RSUP Sanglah, dr. I Ketut Sudarsana yang hanya bersedia dikonfrmasi melalui sambungan telepon.

Pasca-dirujuk ke RSUP Sanglah, ketiga wisatawan asing tersebut langsung diisolasi di ruang Nusa Indah. Dari ketiganya, satu pasien berkewarganegaraan meksiko yang telah menjalani pemeriksaan intensif sejak Rabu 22 Januari 2020, kini sudah diizinkan pulang karena hasil lab menyatakan negatif terjangkit virus korana.

Pasien pria dewasa tersebut memiliki riwayat tinggal lama di China, kemudian bermigrasi ke Filipina dan Jakarta. Pada Rabu 22 Januari 2020, ia memeriksakan diri dengan keluhan demam.

Sementara, untuk hasil lab dua pasien suspcet korona lainnya diperkirakan keluar sore ini dari litbang Kementerian Kesehatan di Jakarta.

"Hasil lab diharapkan negatif karena kondisi kedua pasien terus membaik," ujar dokter I Ketut Sudarsana dalam tayangan iNews TV, Sabtu (25/1/2020).

Baca Juga : Jateng Siapkan 10 Rumah Sakit Antisipasi Penyebaran Virus Korona, Ini Daftarnya

Kedua pasien berkewarganegaraan China tersebut adalah kakak beradik berusia enam dan lima tahun. Keduanya merupakan rujukan dari RS Bali International Medical Center dan dirawat di RSUP Sanglah sejak Rabu 22 Januari 2020 sore, karena memiliki keluhan demam.

Dikonfirmasi melalui telepon, Kepala Dinas Kesehatan Bali I Ketut Suarjaya membenarkan ada tiga wisatawan yang dirawat di RSUP Sanglah. Namun, dirinya menergaskan mereka tidak terjangkit virus korona.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini