nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Desa di Cirebon Terendam Banjir, Ketinggian Air hingga 2 Meter

Fathnur Rohman, Jurnalis · Sabtu 25 Januari 2020 03:26 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 25 525 2158052 desa-di-cirebon-terendam-banjir-ketinggian-air-hingga-2-meter-nFtQSR4Sm8.jpg Banjir di Kabupaten Cirebon. (Foto : Ist)

CIREBON – Akibat hujan deras hingga meluapnya aliran Sungai Pulasaren, dua wilayah di Desa Kebarepan, Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat terendam banjir pada Jumat (24/1/2020) malam. Ketinggian air mencapai 80 sentimeter hingga 2 meter.

Menurut keterangan warga bernama Suptianto, banjir mulai merendam Desa Kebarepan sejak pukul 18.00 WIB. Suptianto mengaku barang-barang yang ada di rumahnya terpaksa dipindahkan ke tempat yang lebih tinggi supaya tidak terkena air.

Suptianto mengakui, Desa Kebarepan merupakan kawasan yang sering kebanjiran, terutama saat curah hujan sedang tinggi.

"Air datang dari luapan sungai di sebelah (sungai Pulasaren). Mulai merendam habis magrib, sekitar jam 18.00, " kata Suptianto kepada wartawan, Sabtu (25/1/2020) dini hari.

Banjir di Kabupaten Cirebon. (Ist)

Sementara itu, Kepala Desa Kebarepan Rudi Haryoto menyebut ketinggian banjir mencapai 80 sentimeter hingga 2 meter. Menurut Rudi, banjir ini disebabkan meluapnya Sungai Pulasaren. Debit air meningkat lantaran tingginya curah hujan.

Rudi menyampaikan, petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cirebon telah mengevakuasi warga. Meski begitu, Rudi mengatakan, ada warga yang tetap memilih bertahan di rumah untuk menjaga barang-barangnya.


Baca Juga : Sungai Citarum Meluap, Ratusan Rumah di Kabupaten Bandung Terendam Banjir

"Ada dua kawasan yang terendam banjir. Ini diakibatkan oleh luapan air sungai karena hujannya deras. Di Ciasem ketinggian sampai 2 meter. Yang satunya 80 sentimeter sampai 1 meter. Ada beberapa warga yang dievakuasi petugas BPBD," ucap Rudi.

Hingga saat ini, ketinggian air mulai berkurang dan perlahan surut. Meski air surut, petugas BPBD Kabupaten Cirebon masih mewaspadai terjadinya banjir susulan.


Baca Juga : Dua Sungai Meluap, 4 Kecamatan di Bandung Terdampak Banjir

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini