nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Begini Kondisi Banjir di Kabupaten Bandung saat Ini

CDB Yudistira, Jurnalis · Sabtu 25 Januari 2020 18:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 25 525 2158275 begini-kondisi-banjir-di-kabupaten-bandung-saat-ini-9EQQ7FxipC.jpg Foto Ilustrasi Okezone

BANDUNG - Sejumlah wilayah di Kabupaten Bandung masih digenangi air, yakni Majalaya, Dayeuhkolot, dan Baleendah.

Di wilayah Dayeuhkolot, sebagian warga telah mengungsi di Aula Desa Dayeuhkolot dan Gedung PMI Dayeuhkolot, yaitu sebanyak 122 jiwa. Fasilitas umum yang terendam adalah SDN Bojong Asih 1 dan 2, Kampung Bojong Asih SDN Dayeuhkolot 7, dan Kampung Bolero RW 08.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes S. Erlangga menginformasikan selain beberapa fasilitas umum, beberapa wilayah yang sebagian wilayahnya masih tergenang air, yaitu di Desa Citeureup dan Desa Cangkuang Wetan.

"Untuk jalur, Jalan Raya Dayeuhkolot - Bandung depan PT. Metro Garment ada genangan lebih kurang 20 sampai dengan 30 cm, kendaraan mobil dan motor yang memaksakan bisa melintas Jalan Raya Dayeuhkolot - Baleendah depan Kantor Pos dan Giro dan Pasar Dayeuhkolot lebih kurang 20 - 30 Cm, kendaraan mobil dan motor yang memaksakan masih bisa melintas," kata Erlangga saat di konfirmasi, Sabtu (25/1/2020).

 Baca juga: Banjir di Kabupaten Bandung Meluas, 5 Kecamatan Terendam

Lalu untuk di Baleendah, jalur lalu lintas taman kota atau Jalan Anggadireja –Dayeuhkolot, ada genangan air setinggi sekitar 10 cm sampai dengan 70 cm, tidak bisa dilalui kendaraan. Dan juga Jalur Jalan Raya Banjaran-Dayeuhkolot ada genangan ketinggian 10 cm sampai dengan 40 cm tapi masih dapat dilalui kendaraan mobil dan motor.

 Banjir di Bandung

Genangan juga terjadi di Jalur Jalan Andir-Katapang, ada genangan ketinggian air 10 cm sampai dengan 100 cm tidak dapat dilalui kendaraan. Sedangkan Jalur Jalan Siliwangi -Terusan Bojongsoang tidak ada genangan.

Sementara itu, Kabag Ops Polresta Banfung Kompol Gandi Jukardi mengatakan, pihaknya telah mendirikan posko Bencana Banjir di dekat lokasi danau Retensi Cieunteung.

"Kami juga sudah perintahkan jajaran untuk melaksanakan patroli antisipasi kerawanan Kamtibmas, dan memonitoring perkembangan di wilayah yang terdampak banjir serta pengaturan lalin antisipasi kemacetan dan melaksanakan koordinasi dengan muspika, BPBD dan PMI," kata Gandi.

Selian itu, Polresta Bandung juga sudah siap membantu warga masyarakat yang membutuhkan evakuasi, melaksanakan pengaturan arus lalu lintas dan mengarahkan via jalur alternatif, koordinasi dengan pihak BPBD dan Muspika setempat. Kemudian memberikan pelayanan tanggap bencana kepada warga masyarakat yang tergenang dan melaksanakan Patroli di Lokasi yang tergenang.

"Kita imbau kepada warga agar tidak memaksakan berdiam dalam rumah, akan tetapi mengungsi ke tempat yang telah disediakan," katanya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini