nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Terisolasi Imbas Virus Korona, WNI di China Tak Sulit Dapatkan Sembako

Rachmat Fazhry, Jurnalis · Senin 27 Januari 2020 19:33 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 27 18 2159110 terisolasi-imbas-virus-korona-wni-di-china-tak-sulit-dapatkan-sembako-v4inYwLnQL.jpg Foto: Reuters.

JAKARTA - Sebanyak 243 warga negara Indonesia masih mudah mendapatkan kebutuhan makanan, meski terisolasi akibat virus korona yang mewabah China.

Data Kementerian Luar Negeri menyebutkan ratusan WNI yang terisolasi, itu tersebar di 15 kota Provinsi Hubei yang dikarantina, termasuk Wuhan.

BACA JUGA: 243 WNI yang Terisolasi di China Dipastikan Tidak Terjangkit Virus Korona

Achmad Yurianto, Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan pengendalian Kemenkes, mengatakan telah berbicara dengan salah satu mahasiswa Indonesia yang berada di Wuhan melalui percakapan video.

"Komunikasi kami yang terakhir dengan teman-teman kita yang ada di sana, bahwa sembako tidak sulit didapatkan, hanya memang tidak semua toko buka," tuturnya saat konferensi pers di Kemenlu, Senin (27/1/2020).

Yurianto menjelaskan, meski kota Wuhan telah diisolasi, tetapi bahan makanan tidak sulit didapatkan. "Karena sifat isolasi ini adalah membatasi yang keluar, tetapi tidak membatasi (barang) yang masuk serta selektif."

Yurianto menekankan WNI yang terisolasi diminta selalu menjaga daya tahan tubuh dengan asupan gizi yang cukup dan kemudian istirahat yang baik, serta menghindari kontak dengan pasien terinfeksi virus korona.

BACA JUGA: Indonesia Upayakan Evakuasi WNI yang Terisolasi karena Virus Korona di China

"Ini menjadi sesuatu yang kita berkali-kali ulang kepada saudara-saudara kita yang masih berada di sana," ujarnya.

Virus korona hingga Senin 27 Januari 2020 menyebabkan kematian hingga 80 orang dan menjangkiti lebih 2 ribu jiwa di China.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini