China Marah Benderanya Diubah dengan Partikel Virus Korona

Rachmat Fahzry, Okezone · Rabu 29 Januari 2020 11:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 29 18 2159961 china-marah-benderanya-diubah-dengan-partikel-virus-korona-Eb2mrPJJ60.JPG Jylland-Posten, Koran di Denmark terbitkan mengganti bintang dalam bendera China dengan partikel virus korona jenis baru. (Foto/AFP)

KOPENHAGEN – China marah setelah sebuah surat kabar di Denmark mengubah bintang dalam bendera nasional Republik Rakyat China dengan gambar lima partikel mikroskopis virus korona jenis baru atau 2019-NCoV.

Jyllands-Posten, salah satu surat kabar terlaris di Denmark, menerbitkan kartun bendera China itu pada Senin 27 januari 2020, bersamaan dengan laporan soal virus korona yang menyebar di Kota Wuhan, Hubei.

Baca juga: China Alokasi Rp588 Miliar untuk Pengendalian Virus Korona di Wuhan

Baca juga: Pernah Berurusan dengan SARS, WHO Yakin China Bisa Atasi Wabah Virus Korona Wuhan

Kedutaan China di Denmark dalam sebuah pernyataan mengutip Fox News, Rabu (29/1/2020) menyebut bahwa kartun yang dibuat oleh ilustrator Denmark, Niels Bo Bojesen, itu tidak memiliki simpati atau empati.

“Melampaui batas masyarakat beradab dan batas etika kebebasan berekspresi, dan menghina hati nurani manusia," isi pernyataan Kedubes China.

Saat ini jumlah korban tewas akibat terjangkit virus korona sudah mencapai 132 orang dan menginfeksi 5.974 jiwa di China.

"Kami menyatakan kemarahan kami dan menuntut agar Jyllands-Posten dan Niels Bo Bojesen bertobat dari kesalahan mereka dan secara terbuka meminta maaf kepada warga China," lanjut pernyataan Kedubes China.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini