Heboh Virus Korona, 174 Turis China di Solo dan Yogyakarta Dipulangkan

Kamis 30 Januari 2020 18:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 30 512 2160807 heboh-virus-korona-174-turis-china-di-solo-dan-yogyakarta-dipulangkan-hXTkZc4e1f.jpg Bandara Adi Soemarmo, Solo (foto: Okezone/Bramantyo)

SOLO - Manajemen Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo memutuskan menghentikan sementara rute penerbangan Solo–Kunming, China untuk mengantisipasi tersebarnya virus korona. Akibatnya, sebanyak 174 warga negara asing (WNA) sekaligus wisatawan asing asal China dipulangkan dari Solo, pada Rabu 29 Januari 2020 malam.

Mereka yang dipulangkan adalah turis asing asal Kunming, China. Para turis itu sedang berwisata ke Soloraya dan Yogyakarta menggunakan carter flight sejak Juli 2019 lalu.

Baca Juga: Wabah Virus Korona, Sopir Taksi Usir Penumpang Asal Wuhan 

Humas Bandara Internasional Adi Soemarmo, Danardewi, mengatakan rute penerbangan carter tujuan wisata ini dioperasikan oleh maskapai Citilink sepekan sekali. Sekira ratusan turis asing asal China ini mendarat setiap Kamis pagi. Setelah itu mereka pulang pada Rabu malam pada pekan berikutnya.

“Iya dipulangkan. Ada sebanyak 174 penumpang (wisatawan asal China). Mereka pulang malam ini (Rabu 29 Januari 2020),” ujar Danardewi kepada Solopos.

Cegah Virus Korona, Calon Penumpang Pesawat Kenakan Masker 

Lebih lanjut Danardewi menjelaskan, turis asing itu pulang dengan maskapai Citilink pada Rabu malam pukul 18.45 WIB. Penerbangan dengan menggunakan pesawat jenis Airbus A320-251N ini dijadwalkan sampai di Kunming, China, pada Kamis (30/1/2020) pukul 01.10 waktu setempat.

Pantauan di lapangan, rombongan turis asal China ini tiba di Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo menggunakan sejumlah bus pada Rabu sore. Mereka membawa troli berisi koper dan sejumlah belanjaan.

Selain itu, wisatawan ini rata-rata sudah memakai masker saat hendak masuk bandara melalui Terminal Keberangkatan. Petugas pengecekan tiket dan identitas di bagian depan pun juga tampak mengenakan masker saat memeriksa rombongan tersebut.

General Manager Bandara Adi Soemarmo, Abdullah Usman, mengatakan belum mengetahui sampai kapan penerbangan Solo–Kunming ditutup. Menurutnya, jika kasus virus corona sudah mereda dan membaik, pihaknya siap membuka kembali rute tersebut.

Sebenarnya jarak Kunming di Provinsi Yunnan dengan Kota Wuhan di Provinsi Hubei cukup jauh. Jaraknya mencapai 1.561 kilometer atau sekitar 19 jam 28 menit dengan naik mobil pribadi atau 2 jam 20 menit lewat penerbangan langsung.

Baca Juga: Evakuasi WNI dari Wuhan, Presiden Jokowi : Tahapannya Sore Ini Kita Lakukan 

Sementara salah sati pemilik biro perjalanan wisata, Mirza Ananda, menjelaskan penutupan rute tur maupun penerbangan tujuan China karena kasus virus korona ini berdampak pada rute lain. Menurutnya, sejumlah pelanggan ikut membatalkan perjalanan ke negara lain.

“Tujuan negara lain juga banyak yang dibatalkan oleh pelanggan. Mereka takut bepergian karena kasus ini. Padahal mereka udah pesan tiket,” kata Mirza.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini