nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Banjir Bandang di Jember Meluas, Pengungsi Bertambah Jadi 450 Jiwa

Avirista Midaada, Jurnalis · Minggu 02 Februari 2020 04:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 02 519 2161931 banjir-bandang-di-jember-meluas-pengungsi-bertambah-jadi-450-jiwa-hGaMzUGSHC.jpg Pengungsi banjir bandang di Jember, Jawa Timur (Foto: Ist/Avirista Midaada)

JEMBER - Wilayah yang terdampak banjir bandang yang menerjang Desa Klungkung, Kecamatan Sukorambi, Kabupaten Jember, Jawa Timur terus meluas. Jumlah pengungsi ikut bertambah, dari 334 jiwa menjadi 450. 

"Jumlah pengungsi bertambah jadi 450 jiwa, kalau tadi laporan pertama yang masuk ada 334 jiwa," ujar Petugas Pusdalops BPBD Kabupaten Jember, Rezha Pratama, kepada Okezone, Sabtu (1/2/2020).

Data tersebut dari BPBD Kabupaten Jember hingga pukul 24.00 WIB, Sabtu 1 Februari 2020. Baca Juga: Khofifah Akan Meninjau Lokasi Banjir di Jember

Sementara dampak kerusakan yang ditimbulkan juga bertambah, bila sebelumnya ada satu jembatan putus, plengsengan yang terkikis, dan 15 rumah terendam lumpur. Kini, ada dua rumah di Dusun Gendir, Desa Klungkung yang tergerus aliran air sungai.

"Kondisinya sudah menggantung, yang tanahnya bawahnya sudah tergerus air bah. Ada dua rumah pemiliknya Rehan (30) dan Safit (25)," ujar Rezha.

Baca Juga: Jembatan Putus Diterjang Banjir di Jember 

Pengungsi banjir Foto Ist

Sebelumnya, debit air Sungai Kalijompo yang mengalir dari hulu Gunung Argopuro meluap dan mengakibatkan banjir bandang dengan material bebatuan, lumpur, dan kayu.

Banjir bandang menerjang kawasan Desa Klungkung, Kecamatan Sukorambi, Kabupaten Jember pada Sabtu sore ini memutuskan setidaknya satu unit jembatan, 15 unit rumah terdampak, serta 334 jiwa dilaporkan awalnya mengungsi.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini